Komunikasi interpersonal Guru untuk mengurangi kecemasan Siswa akibat pembelajaran daring di SMP Islam terpadu Al- Hidayah Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Dalilah (2021) Komunikasi interpersonal Guru untuk mengurangi kecemasan Siswa akibat pembelajaran daring di SMP Islam terpadu Al- Hidayah Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dalilah Firdaus_B05217018 OK.pdf

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan peneliti untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana cara komunikasi interpersonal guru untuk mengurangi kecemasan siswa. Latar belakang terbentuknya penelitian ini karena pandemik covid-19 menyebabkan banyak kegiatan terhenti dan beralih menjadi daring, termasuk kegiatan belajar-mengajar. Perubahan yang cepat ini menuntut siswa untuk merubah gaya belajar secara cepat yang akhirnya menimbulkan kejenuhan hingga kecemasan belajar. Sehingga pada prosesnya, pembelajaran daring membutuhkan keterampilan guru untuk membantu siswa mengatasi masalah tersebut. Seorang guru harus mampu membangun suasana belajar yang santai dan nyaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memakai teori pengelolaan kecemasan dan ketidakpastian William B. Gudykunst pada kategori motivasi yang memiliki 5 aksioma. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, meskipun pada kenyataannya pembelajaran daring memiliki beberapa hambatan seperti ketidakstabilan jaringan dan motivasi belajar siswa menurun, namun para guru SMPIT Al-Hidayah berusaha membangun suasana belajar yang menyenangkan. Selain itu, cara komunikasi yang dilakukan para guru untuk mengurangi kecemasan siswa, yaitu 1. Menumbuhkan sikap suportif, 2. Menumbuhkan sikap terbuka, dan 3. Menumbuhkan sikap percaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Dalilahdalilahfirdaus04@gmail.comB05217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Metode Pembelajaran
Keywords: Komunikasi Interpersonal; Kecemasan Belajar; Pembelajaran daring
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dalilah Firdaus
Date Deposited: 05 Nov 2023 04:22
Last Modified: 05 Nov 2023 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59188

Actions (login required)

View Item View Item