Konversi agama: studi tentang latar belakang perpindahan keyakinan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartini, Waris (2023) Konversi agama: studi tentang latar belakang perpindahan keyakinan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Waris Hartini _ E92219080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai konversi agama yang dilakukan oleh beberapa pelaku yang berpindah keyakinan di Mojokerto. Penelitian terhadap kasus ini dilatarbelakangi oleh adanya kegelisahan batin serta berbagai problem permasalahan yang dialami oleh pelaku. Kegelisahan ini timbul karena berbagai faktor. Beberapa faktor penyebab perpindahan keyakinan oleh masing-masing pelaku konversi agama bebeda-beda. Mulai dari faktor kegelisahan batin yang ada pada dirinya, pernikahan, dan mendapatkan sebuah hidayah. Faktor-faktor tersebut membuat pelaku melakukan konversi agama. Pelaku yang mengalami perpindahan keyakinan dalam penulisan ini ada empat subjek. Yang mana dua adalah perpindahan keyakinan dari Islam ke Kristen dan dua pelaku lainnya adalah konversi agama dari Katolik ke Islam. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan psikologis. Dalam sebuah proses mencari data menggunakan metode observasi yang dilanjutkan dengan melakukan wawancara kepada narasumber yang bersangkutan sesuai dengan tema. Analisis yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan teori konversi agama dari Rambo R. Lewis. Hasil dari analisis menyatakan bahwa pelaku perpindahan keyakinan memutuskan mengalami konversi agama karena memiliki faktor-faktor tertentu. Faktor tersebut meliputi kegelisahan batin, pernikahan dan mendapatkan hidayah. Serta juga adanya perbedaan perilaku keagamaan dan spiritualitas yang dialami oleh pelaku setelah mengalami konversi agama. Baik dari pelaku yang mengalami perpindahan agama dari Islam ke Katolik dan Kristen ke Islam juga mengalami perbedaan perilaku keagamaan. Implementasi sikap keagamaan yang dialami oleh pelaku dari Islam ke Kristen, mulai mendalami ajaran Kristiani dan rutin melakukan peribadatan di gereja. Dan juga implementasi yang terjadi dari pelaku konversi agama dari Katolik ke Islam juga semakin mendalami ajaran agama Islam melalui belajar membaca Al-Quran dan juga mempelajari tuntunan shalat dalam Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartini, Warishartiniwaris12@gmail.comE92219080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosidah, Feryani Umiferyani10@yahoo.co.id / feryani66@gmail.com2008026901
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Latar belakang konversi; faktor konversi; perilaku keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Waris Supiyati
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:14
Last Modified: 23 Feb 2023 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59193

Actions (login required)

View Item View Item