Efektivitas tanaman daun tombak (sagittaria lancifolia) dalam mengabsorbsi zat pencemar linear alkylbenzene sulfonates (LAS) dan logam berat tembaga (Cu)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Salsa (2022) Efektivitas tanaman daun tombak (sagittaria lancifolia) dalam mengabsorbsi zat pencemar linear alkylbenzene sulfonates (LAS) dan logam berat tembaga (Cu). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsa Nabila_H01219012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Krisis air bersih di Indonesia belakangan ini menjadi salah satu permasalahan krusial. Pasalnya, air bersih yang sesuai standar mutu masih menjadi hal yang langka. Hal tersebut dipicu oleh banyaknya air yang tercemar limbah dari hasil aktivitas manusia, baik limbah rumah tangga seperti LAS maupun limbah industri seperti logam Cu. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran air, yakni dengan fitoremediasi. Salah satu tanaman akuatik yang berpotensi sebagai agen fitoremediasi ialah tanaman Sagittaria lancifolia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan tanaman Sagittaria lancifolia dalam mengabsorbsi LAS dan logam Cu dengan beberapa variasi konsentrasi serta mengetahui respon adanya paparan LAS dan logam Cu terhadap pertumbuhan tanaman Sagittaria lancifolia. Metode yang digunakan ialah metode eksperimental dengan 7 perlakuan dan 3 kali ulangan (kontrol; LAS 10 mg/L; LAS 30 mg/L; LAS 50 mg/L; LAS 10 mg/L + Cu 3 mg/L; LAS 30 mg/L + Cu 3 mg/L dan LAS 50 mg/L + Cu 3 mg/L) dengan waktu detensi selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman Sagittaria lancifolia terbukti efektif dalam mengabsorbsi LAS dan logam Cu dibuktikan dengan nilai daya penyisihan LAS mengalami penurunan sebesar 96% pada konsentrasi LAS 10 mg/L + Cu 3 mg/L dan logam Cu mengalami penurunan sebesar 72% pada konsentrasi LAS 50 mg/L + Cu 3 mg/L. Sedangkan nilai efektivitas penyerapan logam Cu paling optimal terdapat pada konsentrasi LAS 50 mg/L + Cu 3 mg/L yakni sebesar 59%. Selain itu, adanya paparan LAS dan logam Cu pada tiap-tiap konsentrasi tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan dan morfologi tanaman Sagittaria lancifolia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Salsanabilaasalsaa28@gmail.comH01219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorPurnamasari, Risarisap1989@gmail.com201409002
Subjects: Biologi
Lingkungan Hidup
Ekologi
Keywords: Fitoremediasi; daun tombak (Sagittaria lancifolia); linear alkylbenzene sulfonates (LAS); logam berat; tembaga (Cu)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Salsa Nabila
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:57
Last Modified: 23 Feb 2023 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59204

Actions (login required)

View Item View Item