Pengaruh konseling kelompok menggunakan teknik reinforcement positif Islami untuk meningkatkan perilaku shalat berjama'ah pada remaja awal di Pondok Pesantren Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Ni'matul (2023) Pengaruh konseling kelompok menggunakan teknik reinforcement positif Islami untuk meningkatkan perilaku shalat berjama'ah pada remaja awal di Pondok Pesantren Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matul Hamidah_B73219081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah (1) Apakah Konseling Kelompok menggunakan Teknik Reinforcement Positif Islami Berpengaruh untuk Meningkatkan Perilaku Shalat Berjama’ah Pada Remaja Awal di Pondok Pesantren Kota Mojokerto? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh konseling kelompok menggunakan teknik reinforcement positif Islami untuk meningkatkan perilaku shalat berjama’ah pada remaja awal di pondok pesantren kota Mojokerto. Dalam penelitian ini terdapat hipotesis penelitian sebagai berikut: HI: “Ada pengaruh konseling kelompok menggunakan teknik reinforcement positif islami untuk meningkatkan perilaku shalat berjama’ah pada remaja awal di pondok pesantren Kota Mojokerto.”, HO: “Tidak ada pengaruh konseling kelompok menggunakan teknik reinforcement positif islami untuk meningkatkan perilaku shalat berjama’ah pada remaja awal di pondok pesantren kota Mojokerto.” Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain eksperimen penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dalam mendapatkan data perilaku shalat berjama’ah pada remaja awal, penelitian ini menggunakan lembar observasi dan wawancara. http://digilib.uinsby.ac.id/http://digilib.uinsby.ac.id/http://digilib.uinsby.ac.id/vii Dari hasil penelitian diperoleh bahwasanya terdapat dua remaja awal yang mendapatkan absensi alpa shalat yang tinggi dan waktu keterlambatan meningkat pada fase baseline-1. Kemudian setelah data stabil, peneliti memberikan intervensi berupa teknik reinforcement positif islami serta dilakukan pengamatan selama pemberian intervensi, kemudian pada fase baseline-2, peneliti menarik intervensi dan dilakukan pengamatan terkait perubahan perilaku shalat berjama’ah pada remaja awal tersebut. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis visual grafis dan kecenderungan arah. Dari hasil akhir diketahui bahwasanya H1 diterima yang berarti “konseling kelompok menggunakan teknik reinforcement positif Islami berpengaruh terhadap peningkatan perilaku shalat berjama’ah pada remaja awal di pondok pesantren Kota Mojokerto”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Ni'matulniniknuril55@gmail.comB73219081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisormierrina, mierrinamierrina@uinsby.ac.id2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Group counseling; Islamic positive; reinforcement techniques; early adolescence;congregational prayer behavior
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ni'matul h NH ni'ma
Date Deposited: 23 Feb 2023 05:06
Last Modified: 23 Feb 2023 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59233

Actions (login required)

View Item View Item