Analisis kualitas air dan daya tampung beban pencemaran Sungai Wrati Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safira, Azzah (2022) Analisis kualitas air dan daya tampung beban pencemaran Sungai Wrati Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azzah Safira_H05218006 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sungai Wrati merupakan salah satu aliran sungai di Kabupaten Pasuruan yang airnya dimanfaatkan masyarakat untuk pengairan sawah, penangkapan ikan, serta berdasarkan wawancara sungai ini digunakan untuk kegiatan mandi dan mencuci. Sungai Wrati berpotensi mengalami penurunan kualitas air karena adanya kegiatan industri, pembuangan limbah domestik dan limbah pertanian yang ada di sepanjang alirannya. Keberadaan bahan pencemar dari kegiatan di atas turut meningkatkan nilai beban pencemar yang mempengaruhi ekosistem alam dan manusia. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisis kualitas air pada sungai tersebut mengingat sumber daya airnya masih dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas air, mengetahui dan menganalisis daya tampung beban pencemar di Sungai Wrati Kabupaten Pasuruan. Analisis kualitas air dilakukan dengan menerapkan metode Indeks Pencemar (IP), STORET, dan Canadian Council Of Ministers The Environment (CCME). Hasil analisis dari ketiga metode ini akan dibandingkan sehingga diketahui kualitas air Sungai Wrati yang lebih spesifik. Pengambilan sampel air dilakukan pada empat titik dengan parameter uji terdiri dari TDS, TSS, temperatur, warna, DO, BOD, COD, pH, dan fosfat. Berdasarkan data analisis di laboratorium, diketahui beberapa parameter kualitas air dan daya tampung beban pencemar tidak memenuhi baku mutu air sungai yaitu temperatur dan COD pada titik 1, 2, dan 3A parameter TSS pada titik 1A dan 4, parameter BOD dan fosfat pada semua titik. Adapun hasil analisis dengan metode IP menyatakan bahwa titik 1 hingga 4 termasuk ke dalam tercemar ringan, metode STORET menunjukkan bahwa titik 1 dan 2 tercemar berat titik 3 dan 4 tercemar sedang, metode CCME menunjukkan titik 1 hingga 4 kurang baik (marginal).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safira, Azzahazzahsafira99@gmail.comH05218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id198701032014031001
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id199010092020122019
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Ekologi
Keywords: Sungai; kualitas air; beban pencemar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Azzah Safira
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:26
Last Modified: 06 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59235

Actions (login required)

View Item View Item