Analisis hukum pidana Islam tentang tindakan satuan polisi pamong praja Kota Surabaya terhadap pengemis di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Thifal (2023) Analisis hukum pidana Islam tentang tindakan satuan polisi pamong praja Kota Surabaya terhadap pengemis di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thifal Nabilah_C93218108.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam hal ini Satpol PP menjadi salah satu penegak hukum yang ditunjuk dalam melakukan implementasi Perda Nomor 2 Tahun 2014. Tindakan yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Surabaya dalam menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat terhadap Perda dengan cara yang sesuai pada ketentuan perundang-undangan. Dalam pelaksanaannya penegak hukum Perda dilakukan oleh Satpol PP yakni dengan melakukan razia, mendata, menampung sementara kemudian dilimpahkan kepada Dinas Sosial guna dilakukan pembinaan. Dalam Islam hukum memberi ialah sunnah dan bisa wajib jika diketahui orang yang diberi sedekah sedang dalam keadaan darurat. Akan tetapi bisa menjadi haram jika kita mengetahui bahwasannya pemberian tersebut disalahgunakan. Hal tersebut sejalan dengan penjelasan dari Sadd Add-Dhariah yang dimana perbuatan yang membawa pada mubah ialah mubah dan perbuatan haram ialah haram, dan perbuatan yang membawwa pada wajib ialah wajib. Sebagaimana cara bersedekah yang dianjurkan dalam Islam agar tidak menimbulkan dampak negatif. Tindakan Satpol PP dalam hal ini telah sesuai dengan konsep hukuman ta’zir yang ditinjau dari segi niatnya. Dimana dalam memutuskan jenis hukuman dan ukuran hukuman tetap memperhatikan petunjuk nash karena hal tersebut menyangkut kemaslahatan umum. Sebagaimana tindakan Satpol PP Kota Surabaya yang melakukan penegakan hukum berdasarkan peraturan daerah yakni merazia, mendata, menampung sementara dan kemudian dialihkan kepada Dinas Sosial guna dilakukan pembinaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, ThifalC93218108@uinsby.ac.idC93218108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHabibi, Miftakhur Rokhman--2016128801
Subjects: Fikih > Fikih Jinayah
Gelandangan
Kemiskinan
Keywords: Hukum pidana Islam; polisi pamong praja; pengemis
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Thifal Nabilah
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:48
Last Modified: 28 Feb 2023 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59247

Actions (login required)

View Item View Item