Perancangan Kawasan Wisata Desa Mentaras Kabupaten Gresik dengan pendekatan arsitektur adaptif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El Adiba, Devi Zevrina (2023) Perancangan Kawasan Wisata Desa Mentaras Kabupaten Gresik dengan pendekatan arsitektur adaptif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Zevrina El Adiba_H93218059 ok.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pemerintah Desa Mentaras merencanakan pembangunan kawasan wisata desa. Beberapa tantangan pada proses perancangan diantaranya, yakni pada tapak terdapat makam tokoh penyebar agama, tapak merupakan lahan asri dan berada pada tepi telaga. Oleh karena itu perlu adanya perancangan pembangunan kawasan wisata berbasis rekreasi yang memanfaatkan alam, wisata religi ziarah, dan wisata edukasi berbasis lokal. Perancangan bertujuan untuk meminimalisir kerusakan alam akibat pembukaan lahan, menyeimbangkan antara wisata religi dan rekreasi, memanfaatkan lahan tepi telaga, serta diharapkan kawasan wisata dapat menjadi sarana kegiatan warga terkait ekonomi dan sosial. Proses perancangan adalah dengan menata massa sesuai dengan jenis & fungsi area dan karakteristik pengguna. Memanfaatkan bangunan makam yang sudah ada untuk menunjang pariwisata tanpa mengubah arsitektural bangunan inti. Relokasi pintu masuk utama agar kendaraan roda 4 dapat memasuki kawasan. Memanfaatkan ruang di dalam lahan pengembangan sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan. Mempertahankan beberapa vegetasi pada eksisting. Pendekatan rancang yang dapat diterapkan adalah arsitektur adaptif. Pendekatan ini dipilih karena dapat memberikan solusi dari pemasalahan dan potensi yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El Adiba, Devi Zevrinazevrina0404@gmail.comH93218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari'ah, ArfianiUNSPECIFIED198302272014032001
Thesis advisorWidiastuti, Mega AyundyaUNSPECIFIED198703102014032007
Subjects: Arsitektur
Ziarah Kubur
Budaya
Keywords: Desa Mentaras; ziarah; tepi telaga; perancangan; pendekatan arsitektur adaptif
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Devi Zevrina El Adiba
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:16
Last Modified: 07 Mar 2023 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59251

Actions (login required)

View Item View Item