Pengaruh citra sekolah, biaya pendidikan dan lingkungan keluarga terhadap keputusan siswa memilih sekolah dengan tingkat pendidikan orangtua sebagai variabel moderasi se-SMA Swasta di Kecamatan Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Waahidah, Ma'uunatul (2023) Pengaruh citra sekolah, biaya pendidikan dan lingkungan keluarga terhadap keputusan siswa memilih sekolah dengan tingkat pendidikan orangtua sebagai variabel moderasi se-SMA Swasta di Kecamatan Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ma'uunatul Waahidah_D93218089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh dari citra sekolah, biaya pendidikan dan lingkungan keluarga terhadap keputusan siswa memilih sekolah dengan tingkat pendidikan orangtua sebagai variabel moderator. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi atau asosiatif. Total sampel yang diambil pada penelitian ini sebesar 213 responden yakni siswa - siswi SMA Swasta se-kecamatan waru Kabupaten Sidoarjo dengan teknik stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Penelitian ini mempunyai hasil dari uji t citra sekolah, biaya pendidikan, dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih sekolah di SMA Swasta Se-Kecamatan Waru Sidoarjo, sedangkan tingkat pendidikan orangtua tidak berpengaruh terhadap keputusan memilih sekolah. Dalam uji F, variabel citra sekolah, biaya pendidikan, lingkungan keluarga dan tingkat pendidikan orangtua berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan memilih sekolah. Nilai R Square pada penelitian ini adalah 58%. Pada uji moderasi, tingkat pendidikan orangtua tidak mampu memoderasi hubungan antara variabel yakni citra sekolah, biaya pendidikan, lingkungan keluarga terhadap keputusan memilih sekolah. Saran yang dapat disampaikan kepada sekolah diharapkan melakukan penyempurnaan dengan tindakan nyata mengenai variabel yang dibahas pada penelitian ini, sehingga kedepannya bisa mendatangkan minat dari calon siswa untuk mendaftar. Misalnya dengan selalu berinovasi dalam kegiatan sekolah yang menjadi tren dan selalu mengkaji ulang hal – hal yang menjadi kelemahan dan kelebihan setelah dilakukan tindakan. Hal tersebut kemungkinan bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk menyasar calon konsumen yang lebih tepat sasaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Waahidah, Ma'uunatulelwakhid31@gmail.comD93218089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Pendidikan
Pemasaran
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Keywords: Citra sekolah; biaya pendidikan; lingkungan keluarga; tingkat pendidikan orangtua
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ma'uunatul Waahidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:03
Last Modified: 07 Jul 2023 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59258

Actions (login required)

View Item View Item