Pengembangan masyarakat dalam upaya mengembangkan pola hidup sadar lingkungan di Desa Brumbungan Lor Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asya'ari, Achmad Zaki (2022) Pengembangan masyarakat dalam upaya mengembangkan pola hidup sadar lingkungan di Desa Brumbungan Lor Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Zaki Asya_ari_B72218049 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “ Pemberdayaan Masyrakat dalam Upaya Mengembangkan Pola Hidup Sadar Lingkungan di Desa Brumbungan Lor, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo”. Dengan fokus penelitian diantarannya: (1) Bagaimana kondisi lingkungan di Desa Brumbungan Lor? (2) Bagaimana strategi perubahan kondisi lingkungan masyarakat dalam upaya mengembangkan pola hidup sadar lingkungan di Desa Brumbungan Lor? (3) Bagaimana hasil perubahan kondisi lingkungan masyarakat dalam upaya mengembangkan pola hidup sadar lingkungan di Desa Brumbungan Lor?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi lingkungan, menemukan strategi perubahan kondisi lingkungan masyarakat dalam mengembangkan pola hidup sadar lingkungan, dan mengetahui hasil perubahan yang sudah dicapai dari strategi tersebut.Metode yang digunakan adalah PAR (Participatory Action Research), metode ini dirancang dalam mengkonsep suatu perubahan pada prosesnya. Penelitian dilakukan bersama masyarakat dengan melewati beberapa tahapan. Tahapan pertama yakni membangun kepercayaan antara peneliti dengan masyarakat. Kedua melakukan tahapan FGD (Focus Group Discussion) dalam menemukali masalah terkait pencemaran lingkungan. Ketiga menetukan strategi bersama dalam mengembangkan pola hidup sadar lingkungan seperti pembentukan kelompok, dan mendesain aksi. Dan terakhir melakukan aksi dalam mengatasi pencemaran lingkungan melalui edukasi, normalisasi sungai dan bersih desa, dan advokasi terkait pencemaran lingkungan yang terjadi di Desa Brumbungan Lor. Melalui masyarakat di Desa Brumbungan Lor sebagai tim lokal maka terciptalah partisipasi dari masyarakat dalam membangun pola sadar lingkungan. Kegiatan aksi yang dilakukan dapat merubah perilaku masyarakat untuk tidak mencemari lingkungan sekitarnya dan dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan pola hidup sadar lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asya'ari, Achmad Zakizakiasyariachmad@gmail.comB72218049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibjheoioi27@gmail.com2030067902
Subjects: Kebersihan
Daur Ulang
Kesehatan
Kesehatan

Masyarakat
Keywords: Pemberayaan Masyarakat; Pencemaran Lingkungan; Kesadaran; Kepedulian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email jheoioi27@gmail.com
Date Deposited: 29 Oct 2023 13:14
Last Modified: 29 Oct 2023 13:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59262

Actions (login required)

View Item View Item