Analisis hukum Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap transaksi jual beli pada lapak online: studi Kasus Tiktok, Shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholicha, Imroatus (2023) Analisis hukum Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap transaksi jual beli pada lapak online: studi Kasus Tiktok, Shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatus Sholicha_C92219101-ok.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Takedown sesuai permintaan penulis)
Imroatus Sholicha_C92219101 ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jual beli pada lapak online saat ini menjadi hal yang sangat digemari oleh masyarakat, karena dinilai memudahkan terkait mekanismenya, namun persoaan yang seringkali dutemukan yakni terkait adanya unsur gharār yang ditemukan dan juga tidak terpenuhinya hak-hak konsumen sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan; 1. Bagaimana mekanisme transaksi jual beli di lapak online Tiktok dan Shopee? 2. Bagaimana Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang perlindungan konsumen terhadap transaksi jual beli di lapak online? Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik field research (penelitian lapangan). Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitis yang selanjutnya disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit mengenai hak konsumen pada transaksi jual beli pada di . Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan teori hukum Islam dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa : Pertama, Pada pelaksanaannya, jual beli yang sering kita temui di lapak online seringkali masih belum sempurna dalam pelaksanaannya mengenai rukun dan syaratnya, seperti barang yang tertera berbeda dengan kondisi aslinya dan cacatnya transaksi yang disebabkan kelalaian penjual, dll. Kedua, Berdasarkan hukum Islam kegaiatn jual beli pada lapak online masih banyak terdapat pelaku usaha yang melakukan praktik kecurangan terkait dalah hal manipulasi harga, penyampaian informasi terkait kondisi suatu barang yang mengakibatkan kekecewaan konsumen dan perselisihan antar kedua pihak. Berdasalkan analisis hukum perlindungan konsumen, Pasal 4 Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, Praktik jual beli pada lapak online (studi kasus : Tiktok, Shopee) masih kerap terjadinya pelanggaran terutama paling sering yakni pada huruf c terkait dengan penyampaian informasi yang benar, jelas dan jujur terkait kondisi suatu barang atau jasa. huruf b terkait dengan hak untuk memilih barang atau jasa serta mendapatkan barang atau jasa yang sesuai dengan nilai tukar serta kondisi jaminan yang telah dijanjikan. Huruf d yakni hak untuk didengarkan pendapatnya serta keluhannya atas suatu barang yang dibeli. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan : penjual harus menggunakan gambar asli sesuai dengan barang yang diproduksi, mencantumkan deskripsi dan kelengkapan produk sesuai dengan barang yang akan diterima oleh pembeli, Tidak membatasi konsumen dalam memberikan penialain suatu produk, Menginformasikan kepada konsumen apabila terdapat kendala terhadap suatu barang yang dipesannya. Pembeli, Sebelum membeli barang pada lapak online pastikan barang tersebut memiliki kualitas dan penilaian yang baik dengan melihat kolom ulasan produk, Jangan tergiur dengan harga murah untuk mendapatkan suatu barang. Penyedia lapak, Melakukan penyaringan terhadap lapak-lapak yang memiliki performa buruk agar tidak menimbulkan kerugian pada konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholicha, Imroatusimroatussholicha2261@gmail.comC92219101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, AbdUNSPECIFIED2018115501
Subjects: Jual Beli
Perlindungan Konsumen
Keywords: Perlindungan konsumen; transaksi jual beli; lapak online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: IMROATUS SHOLICHA
Date Deposited: 02 Mar 2023 05:01
Last Modified: 03 Feb 2024 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59265

Actions (login required)

View Item View Item