Paradigma fiqh KH Thaifur Ali Wafa al-Maduri: studi analisis terhadap ayat-ayat ahkam dalam tafsir Firdaus al-Na'im bi tawdhih ma'ani ayat al-Qur'an al-karim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najakhah, Vina Umdatun (2023) Paradigma fiqh KH Thaifur Ali Wafa al-Maduri: studi analisis terhadap ayat-ayat ahkam dalam tafsir Firdaus al-Na'im bi tawdhih ma'ani ayat al-Qur'an al-karim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Umdatun Najakhah_E03219038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang paradigma fiqh KH Thaifur Ali Wafa Al-Maduri terhadap ayat-ayat ahkam dalam Tafsir Firdaus Al-Na’im bi Tawdhih Ma’ani Ayat Alquran Al-Karim. Di beberapa ayat, KH. Thaifur hanya mencantumkan satu qaul, dan qaul tersebut dari imam mazhab yang dianut oleh sang mufassir KH Thaifur. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana KH. Thaifur menafsirkan ayat-ayat ahkam yang memiliki keterkaitan dengan latar belakang sosio cultural mufassir dan paradigma fiqh nya apakah terdapat kefanatikan mazhab atau tidak di dalam penafsiran, di mana sang mufassir memiliki keahlian di bidang tasawuf, sehingga sangat menarik untuk diteliti dari sisi fiqh mufassirnya. Point yang didapat dalam penelitian ini, tidak terdapat kefanatikan KH. Thaifur pada paham mazhab fiqh yang diantunya dalam menafsirkan Alquran, terbukti dari sampel-sampel penafsiran yang ditelaah, di penafsiran-penafsiran ayat ahkam lebih khususnya, meskipun kebanyakan KH. Thaifur hanya mencantumkan qaul Imam Syafi’i saja, di sisi beberapa ayat yang lain ia juga masih mencatumkan dari salah satu qaul imam yang empat (al-aimmah al-arba’ah), Imam Maliki, Imam Ahmad dan Imam Abu Hanifah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najakhah, Vina Umdatunvinaumdatun@gmail.comE03219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Fikih > Fikih Mazhab Syafi'i
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Paradigma Fiqh; sosio cultural; ayat-ayat ahkam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Vina Umdatun Najakhah
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:52
Last Modified: 07 Mar 2023 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59281

Actions (login required)

View Item View Item