Analisis struktur cerita dalam novel novel Haniyah dan Ala di rumah Teteruga karya Erni Aladjai pendekatan: struktural Claude Levi-Strauss

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Fadhilah Nur (2023) Analisis struktur cerita dalam novel novel Haniyah dan Ala di rumah Teteruga karya Erni Aladjai pendekatan: struktural Claude Levi-Strauss. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhilah Nur Anggraeni_A04218006 OK.pdf

Download (804kB)

Abstract

Mitos yang muncul dalam novel Haniyah dan Ala Rumah Teteruga adalah kekuatan lain di luar manusia, pantangan selama kehamilan dan mantra mitos untuk menonjolkan aspek perilaku tokoh yang arif dan bijaksana untuk diamati kehidupan. Perilaku ini mencerminkan status karakter Haniyah sendiri memahami nilai-nilai budaya sebagai bukti diri dan dapat diterima sehingga mitos juga berfungsi sebagai pedoman perilaku. Dalam penelitian ini, petelitian metode Claude Levi-Strauss dianggap sebagai bagian mitos sebagai lapisan dengan makna yang berbeda, tidak terbatas dalam keyakinan, tetapi dalam pertimbangan dan konsekuensi praktis yang memengaruhi perilaku. Penelitian ini berfokus pada relasi struktur cerita dan mitos menurut Claude Levi-Strauss. Penelitian ini bertujan untuk menganalisis relasi struktur cerita dan mitos yang terdapat dalam novel Haniyah dan Ala di Rumah Teteruga Karya Erni Aladjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan 2 sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Haniyah dan Ala di Rumah Teteruga Karya Erni Aladjai. Sumber data sekunder diperoleh dari skripsi, jurnal, buku dan subjek lain yang menunjang penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Fadhilah Nurfadhilaanggraeni09@gmail.comA04218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Thesis advisorSeptiyani, Rizki Endirizkiendisept@uinsby.ac.id2021098805
Subjects: Fiksi
Keywords: Stuktural; mitos; novel; Erni Aladjai
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Fadhilah Nur Anggraeni
Date Deposited: 08 Nov 2023 11:05
Last Modified: 08 Nov 2023 11:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59283

Actions (login required)

View Item View Item