Alih kode dan campur kode dalam interaksi sosial santri pesantren mahasiswa an-Nur Wonocolo Surabay: kajian sosiolinguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husainiyah, Sofie Hidayatul (2023) Alih kode dan campur kode dalam interaksi sosial santri pesantren mahasiswa an-Nur Wonocolo Surabay: kajian sosiolinguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofie Hidayatul Husainiyah_A94219064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada alih kode dan campur kode dalam interaksi sosial santri pesantren mahasiswa An-Nur Surabaya. Dalam penelitian ini tidak hanya memaparkan mengenai bentuk alih kode dan campur kode, namun juga menjelaskan faktor penyebab serta fungsi dari alih kode dan campur kode dari interaksi sosial yang dilakukan santri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk, faktor penyebab dan fungsi alih kode dan campur kode interaksi sosial santri Komplek-E Pesantren Mahasiswa An-Nur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu santri Komplek-E Pesantren Mahasiswa AN-Nur Surabaya. Penelitian ini menggunakan kajian sosiolinguistik J.A Fishman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Analisa data menggunakan teknis miles and huberman dengan pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 24 bentuk data alih kode intern, 7 data alih kode ekstern, 9 data campur kode intern, 8 data campur kode ekstern. Beberapa faktor penyebab terjadinya Alih kode antara lain yaitu pengaruh dari penutur, lawan tutur, orang ketiga, perubahan topik pembicaraan. Fungsi alih kode dalam penelitian ini yaitu menyesuaikan bahasa, menyampaikan pesan, menyampaikan rasa kesal, membuat lawan tutur tidak mengerti pembicaraan dan lainnya. Penyebab terjadinya campur kode yaitu adanya penyisipan kata, faktor kebiasaan, factor kebahasaan. Fungsi campur kode yaitu agar lebih bergensi, menambah keakraban, mencairkan suasana, mengganti kosa kata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husainiyah, Sofie Hidayatulsofiehidayatul@gmail.comA94219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorSeptiyani, Rizki Endirizkiendisept@uinsby.ac.id2021098805
Subjects: Pesantren
Sastra
Santri
Keywords: Alih kode; Campur Kode; Sosiolinguistik; Pesantren Mahasiswa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sofie Hidayatul Husainiyah
Date Deposited: 24 Mar 2023 04:11
Last Modified: 24 Mar 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59300

Actions (login required)

View Item View Item