Strategi komunikasi dakwah takmir masjid Badrul Hasan Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sany, Syarifah Maydina (2023) Strategi komunikasi dakwah takmir masjid Badrul Hasan Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syarifah Maydina Sany_B71219078.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi dakwah takmir masjid dalam memakmurkan masjid melalui strategi komunikasi secara informatif, persuasif, dan edukatif yang ada pada setiap kegiatan dakwah. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi dakwah takmir masjid Badrul Hasan Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui takmir masjid, ustaz, dan jamaah masjid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman degan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi dakwah yang diterapkan oleh takmir Masjid Badrul Hasan adalah (1) Strategi komunikasi informatif melalui kegiatan dakwah, salah satunya adalah saat hendak perayaan haul desa. (2) Strategi komunikasi persuasif dalam program kerja pembinaan remaja masjid melalui pelatihan yang diadakan oleh takmir masjid. (3) Strategi komunikasi edukatif melalui kegiatan dakwah seperti kegiatan kajian kitab, kuliah subuh, dan majelis taklim. Ketiga strategi komunikasi di atas dilakukan oleh takmir masjid dengan tujuan untuk memakmurkan masjid serta mensejahterakan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sany, Syarifah Maydinasnymayz18@gmail.comB71219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Islam > Organisasi
Manajemen Komunikasi
Keywords: Strategi komunikasi dakwah; takmir masjid; kegiatan dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syarifah Maydina Sany
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:56
Last Modified: 28 Feb 2023 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59327

Actions (login required)

View Item View Item