Konten Mukbang dalam perspektif hadis: kajian maani al Hadis pada Kitab Sunan Abi Dawud nomor indeks 3764

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Moch. Sholahul (2023) Konten Mukbang dalam perspektif hadis: kajian maani al Hadis pada Kitab Sunan Abi Dawud nomor indeks 3764. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Sholahul Umam_E75219061 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Para Sahabat suatu ketika saat waktunya makan telah tiba mereka makan sendiri-sendiri, kemudian para Sahabat mengadu kepada Nabi Muhammad kenapa para Sahabat setelah makan namun masih merasa lapar. Maka setelah telah melihat kisah tersebut belakangan ini muncul adanya konten mukbang (makan di depan kamera) yang sangat viral. Penelitian ini dikhususkan kepada penilaian hadis dengan cara kajian kritik sanad dan matan berserta mengkaji kandungan hadis tersebut dengan menggunakan ilmu Ma’a>ni al-H}adi>s. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kualitas dan kehujjahan hadis tersebut beserta memperoleh pemaknaan lanjutkan yang dikorelasikan dengan konten mukbang. Penelitian dalam metode ini bersifat kepustakaan, sehingga untuk menganalisisnya menggunakana data-data kepustakaan baik dari buku, kitab, journal, dan lain-lain. Data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah Kitab Sunan Abu> Da>wud, sedangkan sumber sekunder menggunakan literature yang memiliki relevansi dengan objek kajian. Kesimpulan dari kajian penelitian ini adalah kualitas hadis tentang berkumpul saat makan yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud memiliki kualitas S}ahih Li Ghairihi, sedangkan dari segi pemaknaanya bersifat Universal. Adapun korelasi pemaknaan hadis ini terhadap konten mukbang adalah seorang pelaku Mukbang dianjurkan untuk makan bersama-sama, sehingga di dalam makananya mendapatkan keberkahan yang dapat mencukupi mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Moch. Sholahulsholahul.umam15@gmail.comE75219061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Tradisi Islam
Keywords: Mukbang; Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Moch. Sholahul Umam
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:50
Last Modified: 20 Mar 2023 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59344

Actions (login required)

View Item View Item