Pengaruh sistem mentoring terhadap kualitas komunikasi dosen pembimbing dengan mahasiswa penerima beasiswa Baznas UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

LA, Emilia Nur (2023) Pengaruh sistem mentoring terhadap kualitas komunikasi dosen pembimbing dengan mahasiswa penerima beasiswa Baznas UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emilia Nur LA_B05219016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adanya bentuk Komunikasi memang memiliki dampak dalam kehidupan salah satunya dalam bidang pendidikan. Sebagai upaya dalam meningkatkan nilai diri pada setiap pelajar/mahasiswa munculah pembelajaran dengan merealisasikan system mentoring. Seperti contoh, salah satunya dari fasilitas program Beasiswa Baznas yang menerapkan metode pembelajaran untuk para mahasiswa yang menerima beasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh system mentoring terhadap kualitas komunikasi dosen pembimbing dengan mahasiswa penerima beasiswa Baznas UIN Sunan Ampel Surabaya. Penggunaan metode pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 31 mahasiswa, dengan teknik sampel jenuh. Penggunaan instrumennya adalah penyebaran kuisioner secara merata dengan teknik skala likert. Dari hasil yang didapatkan terdapat pengaruh system mentoring terhadap kualitas komunikasi senilai 0,651 yang masuk pada golongan kategori hubungan ‘kuat’, dengan pengaruh kontribusi sebesar 42,2% yang berarti terbilang cukup berpengaruh. Hasil persentase sikap mendukung antara dosen dengan mahasiswa lebih kecil. Konsekuensi ini dapat mengganggu kualitas komunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
LA, Emilia Nuremilnur126@gmail.comB05219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imam--2020067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Sistem mentoring; kualitas komunikasi; beasiswa Baznas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Emilia Nur LA
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:47
Last Modified: 02 Mar 2023 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59349

Actions (login required)

View Item View Item