Pemimpin non muslim pada wilayah mayoritas muslim menurut K.H. Said Aqil Siradj dan Buya Yahya perspektif hermeneutika kritis Jurgen Habermas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alexandi, Daniel (2023) Pemimpin non muslim pada wilayah mayoritas muslim menurut K.H. Said Aqil Siradj dan Buya Yahya perspektif hermeneutika kritis Jurgen Habermas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Daniel Alexandi_E71218035 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pemimpin non muslim memunculkan perdebatan yang arahnya pada hubungan antara agama dan negara. Pada perkembangan pemikiran dari pemimpin non muslim yang berkependudukan mayoritas muslim menjadi wacana penuh kontroversi. Permasalahan ini semakin keruh saat hendak diadakan pemilihan kepala negara maupun daerah, yang mana masyarakat kerap kali resah karena perbedaan pendapat tentang boleh atau tidaknya umat muslim mendukung calon pemimpin non muslim. Terdapat dua permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana pandangan K.H. Said Aqil Siradj dan Buya Yahya mengenai pemimpin non muslim? Kedua, bagaimana pandangan K.H. Said Aqil Siradj dan Buya Yahya mengenai pemimpin non muslim dari perspektif Hermeneutika Kritis Jurgen Habermas? Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, penelitian mengkaji dua sudut pandang yang berbeda antara K.H. Said Aqil Siradj dan Buya Yahya yang saling bertentangan. Jenis penelitian ini adalah library research yang kemudian dianalisis menggunakan metode hermeneutika kritis. Maka dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan, K.H. Said Aqil Siradj memperbolehkan pemimpin non muslim pada wilayah mayoritas muslim, karena setiap warga negara mempunyai hak dan derajat yang sama untuk menjadi pemimpin. Sedangkan, Buya Yahya melarang memilih dan menjadikan non muslim sebagai pemimpin karena tidak sesuai dengan sumber hukum Islam yakni al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alexandi, Danielalexd171299@gmail.come71218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Islam
Pemikiran
Keywords: Pemimpin; non muslim; Said Aqil; Buya Yahya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Daniel Alexandi
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:12
Last Modified: 10 Mar 2023 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59373

Actions (login required)

View Item View Item