LGBT perspektif gaya Nusantara: studi kritis atas tafsir progresif Islam dan Kristen terhadap keragaman Gender dan Seksualitas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkiyah, Riza (2023) LGBT perspektif gaya Nusantara: studi kritis atas tafsir progresif Islam dan Kristen terhadap keragaman Gender dan Seksualitas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riza Rizkiyah_E93219117 OK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
Riza Rizkiyah_E93219117 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini kaum LGBT semakin berani menampakkan diri dipermukaan, bahkan mereka tidak segan-segan melegitimasi keberadaan mereka dengan didasari teks-teks keagamaan, baik Al-Qur’an, Injil, Wedha dan lain sebagainya. Di antara usaha tersebut adalah adanya buku Tafsir Progresif Islam dan Kristen Terhadap Keragaman Gender dan Seksualitas oleh GAYa Nusantara (GN), yang memuat penafsiran-penafsiran dalil agama yang mereka anggap dapat melegitimasi keberadaan LGBT. Dari sini maka menarik untuk dikaji bagaimana sebenarnya penafsiran yang berasal dari ayat-ayat Al-Qur’an tentang “LGBT” (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) yang dihadirkan GN dalam buku tersebut, serta adakah penyimpangan dalam penjelasan tafsir demikian. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah terkait bagaimana pemahaman ayat-ayat al-Qur’an tentang “LGBT”, serta bagaimana penyimpangan tafsir ayat-ayat al-Qur’an tentang “LGBT” dalam buku Tafsir Progresif Islam dan Kristen Terhadap Keragaman Gender dan Seksualitas oleh GAYa Nusantara. Melalui hal demikian, maka penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan interpretasi tafsir dan menganalisis penyimpangan tafsir yang dijelaskan dan dilakukan oleh GN. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, maka digunakan model penelitian kualitatif kepustakaan (library research), dengan pendekatan analisis wacana kritis(AWK)/critical discourse analysis (CDA) serta pendekatan tradisi keilmuan tafsir yang relevan dengan pembahasan ini. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan, pertama dalam memaknai fahisyah GN memaknainya sebagai perzinahan dan pencabulan tanpa adanya ikatan. Mereka menyebut fahishah tertuju pada zina secara heteroseksual melalui generalisasi makna dengan menyebut surah al-A’raf ayat 80 dan al-Nisa’ ayat 15. Hal demikian pun menyebabkan terbentuknya penjelasan yang membentuk interpretasi lain, khususnya pada al-A’raf ayat 80 yang cukup kontras dengan penjelasan yang mereka hadirkan. Dengan demikian, melalui pemaknaan tersebut secara tidak langsung GN menganggap tidak tepat jika fahishah dalam al-A’raf ayat 80 dimaknai sebagai perbuatan homoseksual. Sementara itu ketika memaknai mukhallaqah dan ghairu mukhallaqah pada al-Hajj ayat 5, mereka memahaminya sebagai penciptaan yang lumrah dan penciptaan yang tidak lumrah, ini kemudian mereka jadikan dalil yang menunjukkan penciptaan kaum LGBT sebagai kaum yang ghairu mukhallaqah. Adapun hasil yang kedua terkait penyimpangan tafsir, maka dapat diketahui jika GN telah mengabaikan konteks ayat, dan mencampuradukkan Al-Qur’an dengan Al-Kitab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkiyah, Rizarizaryh1671@gmail.comE93219117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id0001614
Subjects: Islam
Al Qur'an
Keywords: LGBT; GAYa Nusantara (GN); Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Riza Rizkiyah
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:34
Last Modified: 29 Dec 2023 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59386

Actions (login required)

View Item View Item