السجع وفوائده في الأحاديث الأربعين النووية: دراسات بلاغية - Sajak dan faedahnya pada hadits Al Arbain An Nawawi: kajian Balaghah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sabiila, Diyanah Hanin (2023) السجع وفوائده في الأحاديث الأربعين النووية: دراسات بلاغية - Sajak dan faedahnya pada hadits Al Arbain An Nawawi: kajian Balaghah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diyanah Hanin Sabiila _A91219082 ok.pdf

Download (21MB)

Abstract

Rasulullah tumbuh dalam lingkungan masyarakat Arab yang terkenal sebagai kaum yang paling fasih kalamnya. Dalam studi keilmuan sastra Arab, untuk mengukur kefasihan suatu kalam dapat dibuktikan dengan ilmu Balaghah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keindahan kalam rasul dengan perspektif ilmu balaghah khusunya ilmu badi’ pada bab sajak. Peneliti ingin mengungkap keindahan sajak dalam hadits al-Arbain an-Nawawi sekaligus memberikan penjelasan tentang faedah dari adanya sajak dalam kitab tersebut. Fokus bahasan pada penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk lafadz yang mengandung sajak serta macam-macamnya dan faedah sajak dalam hadits al-Arbain an-Nawawi. Objek dalam penelitian ini adalah kata atau kalimat yang mengdandung sajak dalam dalam hadits al-Arbain an-Nawawi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan membaca lalu menemukan teks yang di dalamnya terdapat sajak. Selanjutnya dilakukan analisa jenis dan faedah pada teks tersebut. Setelah melakukan penelitian, dapat diperoleh bahwa dalam kitab hadits Arbain terdapat lafadz-lafadz yang mengandung sajak yang terdiri dari mutharraf, sajak mutawazi, dan sajak murasha’. Adapun faedah masing-masing sajak diantaranya; memberi nada musikalitas (menyenangkan telinga manusia), memberikan pengaruh pada hati, menguatkan hati seorang muslim, memudahkan pemahaman, dan menggerakkan hati serta jiwa manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sabiila, Diyanah Haninhanindiyanah@gmail.comA91219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id199104132020122024
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Hadis
Musik
Keywords: Sajak; Kitab Hadits Arbain Nawawi; balaghah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Diyanah Hanin Sabiila
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:56
Last Modified: 17 Mar 2023 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59399

Actions (login required)

View Item View Item