Pengembangan pembelajaran Matematika model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) untuk meningkatkan hasil belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidah, Dinda Hikmatul (2023) Pengembangan pembelajaran Matematika model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) untuk meningkatkan hasil belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Hikmatul Afidah_D74216090 ok.pdf

Download (13MB)

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa adalah pembelajaran yang diterapkan belum bervariasi serta sumber belajar yang terbatas. Sehingga pada penelitian ini, peneliti mengembangkan pembelajaran model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan strategi Rotating Trio Exchange (RTE). Serta penerapan buku ajar anyflip diharapkan dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari dan akan berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran matematika model CUPs dengan strategi RTE untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari lima tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), serta buku ajar anyflip materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini diterapkan pada 32 siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Ngraho. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan (field note) untuk data proses pengembangan perangkat pembelajaran, teknik validasi untuk data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran, teknik observasi untuk data aktivitas siswa dan keterlaksanaan sintaks, teknik angket untuk data respon siswa setelah pembelajaran, serta teknik tes untuk data hasil belajar siswa. Setelah data didapatkan, data dianalisis dengan analisis catatan lapangan, analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan tahap analysis, didapatkan bahwa model pembelajaran kurang bervariasi dan kurikulum yang diterapkan kurikulum 2013. Tahap design, pembuatan rancangan perangkat pembelajaran sesuai model CUPs dan strategi RTE. Tahap development, pembuatan perangkat pembelajaran dan validasi kepada validator ahli. Tahap implementation, perangkat pembelajaran diterapkan pada siswa kelas VIII-G di SMPN 1 Ngraho. Tahap evaluation, peneliti menilai keefektifan pembelajaran model CUPs dengan strategi RTE untuk meningkatkan hasil belajar. (2) Perangkat pembelajaran telah dinyatakan “valid”, dengan nilai validitas RPP 4,71, LKPD 4,68, dan buku ajar anyflip 4,78. (3) Perangkat pembelajaran telah dinyatakan “praktis”, dengan nilai A untuk semua perangkat pembelajaran. (4) Pembelajaran dinyatakan “efektif” berdasarkan pernyataan berikut: aktivitas siswa yang sesuai RPP lebih besar dibandingkan aktivitas yang tidak sesuai RPP, yaitu pertemuan pertama 93%, dan pertemuan kedua 95%, keterlaksanaan sintaks pembelajaran masuk kategori sangat baik dengan nilai 3,9, respon siswa setelah pembelajaran masuk kategori sangat positif dengan persentase 77,59%, hasil belajar siswa dinyatakan meningkat dengan nilai rata-rata tes kemampuan awal adalah 60,75, dan nilai rata-rata tes kemampuan akhir adalah 83,75.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidah, Dinda Hikmatuldindaavida@gmail.comD74216090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pengembangan; Conceptual Understanding Procedures (CUPs); Rotating Trio Exchange (RTE); hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Hikmatul Afidah
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:49
Last Modified: 17 Mar 2023 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59414

Actions (login required)

View Item View Item