Iddah wanita karier: kajian mukhtalif hadis kitab Sunan Ibn Majah No. Indeks 2087 dan hadis Abu Dawud No. Indeks 2297

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roziqih, Muhammad Zainur (2023) Iddah wanita karier: kajian mukhtalif hadis kitab Sunan Ibn Majah No. Indeks 2087 dan hadis Abu Dawud No. Indeks 2297. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zainur Roziqih_E75218059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perempuan memiliki keistimewaan yang salah satunya ia memiliki masa iddah setelah ditinggal mati suaminya, namun para perempuan yang menjadi tulang punggung keluarganya akan memiliki kendala yang dimana ia diharuskan untuk tetap bekerja dan juga tetap mentaati anjuran-anjuran yang sedang dalam masa iddah, problematika inilah yang muncul bagi kalangan wanita karier. Kemajuan perekonomian juga menuntut bagi para perempuan untuk ikut berkompetisi dalam dunia kerja, dalam hal ini biasa disebut sebagai wanita karier. Dalam penelitian ini penulis menemukan dua hadis yang terlihat bertentangan secara harfiah. Untuk menyelesaikan dua hadis yang bertentangan digunakan dengan metode Mukhtalif Hadis. ada beberapa metode untuk menyelesaikan mukhtalif hadis yakni: al-Jam’u wa al-Taufiq, Tarjih, Nasakh Mansukh, al-Tawaqquf, Ta’wil. Dua hadis yang bertentangan ini keduanya menjelaskan tentang iddah yang dimana keduanya memiliki makna yang bertentangan, oleh karena itu penulis akan mengkompromikan kedua hadis tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roziqih, Muhammad Zainurzainur.zen56@gmail.comE75218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Subjects: Hadis
Wanita
Karier
Keywords: Iddah; wanita karier; hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhammad Zainur Roziqih
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:20
Last Modified: 23 Feb 2023 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59431

Actions (login required)

View Item View Item