Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah (Tps) 3r Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safaro, Nadiatus (2022) Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah (Tps) 3r Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadiatus Safaro _H75216041.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sampah merupakan masalah klasik yang dihadapi oleh negara maju maupun berkembang, terutama pada pengelolaan sampah. Minimnya penanganan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah yang baik menyebabkan timbulnya dampak negatif terhadap lingkungan. Untuk mengurangi dampak tersebut, maka perlu dilakukan pengelolaan sampah yang baik. Tujuan dari teknis Tempat Pengolahan Sampah 3R di Kecamatan Lumbang dengan menentukan timbulan, komposisi, dan densitas sampah yang tepat untuk diterapkan di Tempat Pengolahan Sampah 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) di Kecamatang Lumbang menggunakan data sekunder. Pengelolaan sampah di Kecamatan Lumbang baru melayani 70% dari timbulan sampah total. Termasuk untuk timbulan sampah dari 31.274 penduduk Kecamatan Lumbang. Tujuan dari perencanaan ini untuk perencanaan TPS 3R di Kecamatan Lumbang. Data yang digunakan dalam perencanaan ini dengan menggunakan data sekunder dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo. Hasil analisis menunjukkan hasil densitas sampah sebesar 166,97 kg/m3. Timbulan sampah rata-rata 12.197 kg/hari atau 0,390 m3/hari. Komposisi sampah meliputi sampah organik 78%, plastik 10%, kertas 7%, kain 3%, kayu 1%, karet 0%, logam 0%, kaca 0% dan lain-lain 0%. Perencanaan TPS 3R Kecamatan Lumbang membutuhkan lahan seluas 213 m^(2 )dengan unit perencanaan TPS 3R Kecamatan Lumbang (Area penerimaan, Pencacahan Sampah Organik, Pengomposan, dll) untuk komponen penunjang (Kantor, Septictank,dll).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safaro, Nadiatusitsnadiatussafar@gmail.comH75216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.comz2007108402
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Perencanaan TPS 3R; pengelolaan sampah; Kecamatan Lumbang
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: nadiatus safaro
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:08
Last Modified: 23 Feb 2023 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59460

Actions (login required)

View Item View Item