Perolehan koin game Shopee Tanam di aplikasi Shopee dalam perspektif maṣlaḥah mursalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adilla, Dita Faridha (2023) Perolehan koin game Shopee Tanam di aplikasi Shopee dalam perspektif maṣlaḥah mursalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Faridha Adilla_C92216094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi dan selanjutnya data tersebut dianalisis, dalam hal ini tentang praktik perolehan koin game Shopee Tanam di aplikasi Shopee menggunakan teori ju’ālah dan maṣlaḥah mursalah untuk kemudian ditarik kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, perolehan koin game Shopee Tanam jika dianalisis menggunakan akad ju’ālah sudah sesuai karena telah memenuhi rukun dan syarat ju’ālah. Kedua, praktik perolehan koin game Shopee Tanam adalah maṣlaḥah karena telah memenuhi syarat-syarat maṣlaḥah mursalah dan dari aspek kemaslahatan yang diperoleh oleh banyak pihak lebih besar dari pada mudaratnya. Mulai dari pengguna game Shopee Tanam yang mendapatkan hadiah, penjual online Shopee yang terjadi peningkatan pembelian, dan pihak Shopee yang terjadi peningkatan pengunduhan dari beberapa pengguna baru di Shopee. Perolehan koin pada game Shopee Tanam termasuk dalam maṣlaḥah taḥsiniyyāt yaitu sebagai pelengkap berupa keleluasaan yang dapat melengkapi kemaslahatan sebelumnya untuk membuat kehidupan menjadi lebih nyaman. Adanya kesimpulan diatas, penulis menyarankan kepada semua pengguna game Shopee Tanam sebaiknya lebih selektif dalam memilih game yang dimainkan. Daripada menimbulkan kerugian dari segi waktu dan paket data bagi pengguna game Shopee Tanam yang tidak bisa menyelesaikan misinya. Serta pihak Shopee dapat memberikan informasi yang jelas mengenai hadiah dan konsekuensi yang ada pada aplikasi game Shopee Tanam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adilla, Dita Faridhaditafaridha5@gmail.comC92216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Hukum Ekonomi
Internet
Keywords: Koin game; Shopee Tanam; maṣlaḥah mursalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dita Faridha
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:48
Last Modified: 08 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59471

Actions (login required)

View Item View Item