Representasi traumatik tokoh utama dalam novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah: kajian psikologi sastra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Wan Rizqi (2023) Representasi traumatik tokoh utama dalam novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah: kajian psikologi sastra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wan Rizqi Azizah_A74219038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini akan menganalisis kepribadian tokoh utama dalam novel Assalamualaikum Calon Imam. Protagonis novel karya Ima Madaniah, Nafisya, mengalami traumatik yang mendalam berasal dari masa lalunya. Trauma tersebut terjadi saat kedua orang tuanya bercerai dan sahabat kecilnya yang dianggapsebagai calon di masa depannya menikahi kakak kandungnya sendiri. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui umpan balik yang diberikan oleh sikap kepribadian tokoh utama Assalamualaikum Calon Imam dalam novel karya Ima Madaniah. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori psikologi sastra Sigmund Freud. Di dalam teori Freud mengatakan bahwa manusia terbagi dan memiliki tiga struktur kepribadian, seperti: id, ego, dan superego. Metode pendekatan yang digunakan psikologi sastra yang di temukan oleh Sigmund Freud ini adalah deskriptif kualitatif yang menjelaskan analisis dalam paragraf tokoh utama dalam novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Representasi cerita dalam novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah dari prespektif psikologi sastra Sigmund Freud. 2. Struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah terdiri dari id, ego dan superego menurut teori Sigmund Freud. 3. Mendeskripsikan umpan balik yang diberikan pembaca oleh sikap kepribadian tokoh utama dalam novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Wan RizqiWanrizqiazizah@gmail.comA74219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas’anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiRIZKIENDISEPT@uinsby.ac.id2021098805
Subjects: Psikologi
Perilaku
Keywords: Psikologi sastra; traumatik tokoh utama novel Assalamualaikum Calon Imam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Wan Rizqi Azizah
Date Deposited: 23 Feb 2023 05:18
Last Modified: 23 Feb 2023 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59482

Actions (login required)

View Item View Item