Infused Water dalam hadis: studi ma’ani al-Hadith Sahih Muslim nomor indeks 82 dengan pendekatan ilmu kesehatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatihah, Muassisatul (2023) Infused Water dalam hadis: studi ma’ani al-Hadith Sahih Muslim nomor indeks 82 dengan pendekatan ilmu kesehatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muassisatul Fatihah_E95219089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada pemaknaan hadis terkait air rendaman atau infused water hadis riwayat Imam Muslim dalam kitabnya Sahih Muslim Nomor Indeks 82 Dengan Pendekatan Ilmu Kesehatan. Bahwasanya pada zaman Rasulullah Saw beliau pernah dibuatkan minuman dari rendaman buah kurma, anggur, dan kismis. Kemudian pada zaman sekarang minuman ini dikenal dengan infused water. Hadis ini diteliti menggunakan kritik sanad dan kritik matan yang relevan. Sehingga penelitian ini ditujukan memberikan pemaknaan hadis secara lebih mendetail. Penelitian ini membahas tiga objek yaitu pertama, bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis air rendaman atau infused water dalam kitab Sahih Muslim Nomor Indeks 82. Kedua, bagaimana pemaknaan hadis air rendaman atau infused water dalam kitab Sahih Muslim nomor indeks 82. Ketiga, bagaimana pemaknaan hadis air rendaman atau infused water dalam kitab Sahih Muslim nomor indeks 82 dengan pendekatan ilmu kesehatan. Kemudian penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan melibatkan penelitian kepustakaan. Sedangkan untuk metode yang digunakan yaitu metode dekskirptif dengan bersumber pada data-data primer dan sekunder. Hasil akhir yang didapat dari proses penelitian hingga analisa terhadap hadis riwayat Imam Muslim dalam kitabnya Sahih Muslim Nomor Indeks 82 adalah hadis ini berstatus sahih lidzatihi, dengan status kehujjahan maqbul wa ma’mulun bih yaitu dapat diterima dan dijadikan hujjah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatihah, Muassisatulmuassisatulf911@gmail.comE95219089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Hadi Muhammadhadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Minuman Keras
Keywords: Infused water; hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muassisatul Fatihah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:32
Last Modified: 07 Jul 2023 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59489

Actions (login required)

View Item View Item