Agama dan Tuhan Prespektif Elon Musk: studi analisis wacana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putrianada, Haffsah Arinda Agty (2023) Agama dan Tuhan Prespektif Elon Musk: studi analisis wacana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haffsah Arinda Agty Putrianada_E02219014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji agama dan Tuhan dari perspektif Elon Musk. Hal ini dilatar belakangi oleh munculnya makna agama dan Tuhan dari tokoh terdahulu dan tokoh pada abad ke-22 sekarang. Salah satunya adalah ilmuwan barat, yaitu Elon Musk. Elon Musk adalah orang terkaya di dunia. Banyak orang bertanya-tanya apakah Elon Musk mempercayai agama dan Tuhan atau tidak melalui statement masyarakat di era saat ini. Karena kebanyakan ilmuan tidak percaya pada keduanya dan memilih untuk mempercayai sesuatu yang dianggap Tuhannya sendiri seperti Elon Musk yang menuhankan keilmuannya. Sehingga, penelitian memfokuskan kajiannya pada perspektif Elon Musk terhadap (i) agama dan (ii) Tuhan. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan penelitian media. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka dan media. Sedangkan, analisis penelitian menggunakan model analisis wacana Teun A. Van Dijk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) agama dalam perspektif Elon Musk adalah sistem kepercayaan pada sains dan pemahaman sistematis tentang alam semesta dengan mempercayai bagaimana hukum alam semesta bekerja pada umat manusia. Dianalisis secara wacana model T A. V. D. Sedangkan, (ii) Tuhan dalam perspektif Elon Musk adalah sesuatu yang berada diluar fisik dan materi. Dan Elon menyebut Tuhan merupakan pencipta game di komputer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putrianada, Haffsah Arinda Agtyhaffsaha@gmail.comE02219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Elon Musk; Agama; Tuhan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Haffsah Arinda Agty Putrianada
Date Deposited: 24 Mar 2023 03:13
Last Modified: 24 Mar 2023 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59492

Actions (login required)

View Item View Item