Analisis In Silico Senyawa Punicalagin Pada Buah Delima (Punica granatum) Terhadap Protein NS5 DENV-3

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kautsar, Radinal (2023) Analisis In Silico Senyawa Punicalagin Pada Buah Delima (Punica granatum) Terhadap Protein NS5 DENV-3. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Radinal Kautsar_H91219054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Virus Dengue (DENV) merupakan virus RNA dengan empat jenis serotipe, yakni DENV-1 hingga DENV-4. Virus ini mengakibatkan penyakit Infeksi Virus Dengue (IVD) yang menyebar luas dengan sangat cepat di seluruh dunia pada beberapa tahun terakhir. Indonesia merupakan salah satu negara endemis DENV yang cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kasus IVD di Indonesia didominasi oleh DENV-3. Hingga saat ini, belum ada terapi obat spesifik untuk penyembuhan IVD. Oleh karena itu, diperlukan suatu senyawa yang dapat dijadikan sebagai kandidat obat spesifik DENV. Salah satu senyawa yang memiliki aktivitas antiviral adalah punicalagin. Punicalagin merupakan senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada buah delima (Punica granatum). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan punicalagin dalam menghambat replikasi DENV. Metode yang digunakan adalah observasional deskriptif secara in silico melalui molecular docking menggunakan aplikasi AutoDock Tools, ChemDraw, dan Discovery Studio Visualizer. Protein target yang digunakan adalah protein NS5 DENV-3 dengan kode ID PDB: 4V0Q. Ligan natif yang digunakan adalah senyawa gliserol yang diambil dari struktur protein. Sebagai pembanding, digunakan senyawa ribavirin sebagai kontrol positif. Hasil pengujian menunjukkan senyawa punicalagin mampu berlekatan pada reseptor target di kompleks domain C-Terminal. Penambatan ini memiliki energi bebas ikatan (ΔG) sebesar -6.39 kkal/mol. Hasil ini lebih baik dibandingkan dengan ΔG ribavirin. Selain itu, konstanta inhibisi (Ki) punicalagin terbukti lebih baik dibandingkan dengan ribavirin. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa senyawa punicalagin efektif dalam menghambat replikasi DENV serta berpotensi sebagai kandidat obat DENV secara in silico.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kautsar, Radinalradinalkautsar30@gmail.comH91219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorRachmawati, Yuanitayuanitarhartono@gmail.com2019088803
Subjects: Biologi
Keywords: Antiviral; DENV3; in silico; molecular docking; protein NS5; punicalagin; Punica granatum.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Radinal Kautsar
Date Deposited: 24 Mar 2023 03:39
Last Modified: 24 Mar 2023 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59493

Actions (login required)

View Item View Item