Hegemoni sosial dan politik islam demak sebagai bentuk kekuatan baru di wilayah kekuasaan kerajaan Majapahit pada abad ke 14-16

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bachtiar, Mochammad Rifky (2023) Hegemoni sosial dan politik islam demak sebagai bentuk kekuatan baru di wilayah kekuasaan kerajaan Majapahit pada abad ke 14-16. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Rifky Bachtiar_A72219057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Hegemoni Sosial Dan Politik Islam Demak Sebagai Bentuk Kekuatan Baru Di Wilayah Kekuasaan Kerajaan Majapahit Pada Abad 14-16 yang berfokus pada tiga rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana sejarah dan perkembangan agama Islam di lingkup Kerajaan Majapahit ? (2) Bagaimana kondisi sosial politik Kerajaan Majapahit pada abad 15 ? (3) Bagaimana pengaruh hegemoni politik Islam terhadap kekuasaan Kerajaan Majapahit ? Penelitian ini dalam penulisannya menggunakan pendekatan sejarah. Pendekatan ini bertujuan untuk menelaah kronologi serta proses konflik perebutan hegemoni kekuasaan Demak terhadap Majapahit di masa lampau dengan menggunakan sumber-sumber sejarah seperti Babad Tanah Jawa, Kitab Negarakertaghama dan Kitab Pararaton. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori konflik menurut Ralf Dahrendorf, teori kekuasaan menueut Max Weber dan teori hegemoni menurut Gramci. Pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode sejarah yang terdiri dari Heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, Islam masuk ke wilayah Majapahit melalui dua fase, fase pertama dibawa oleh para pedagang asing, kedua disebarkan oleh wali generasi awal dengan mendirikan pusat Islam. Kedua, kondisi Kerajaan Majapahit mengalami banyak kekacauan tepat setelah kepemimpinan Hayam Wuruk mulai dari pemberontakan hingga kudeta politik. Ketiga, Demak mulai melepaskan diri dari Majapahit dan memulai melakukan perlawanan kepada Majapahit untuk memperebutkan hegemoninya di Jawa, perang ini berakhir pada kemenangan Kesultanan Demak dan pada saat itu Majapahit sudah hancur tak tersisa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bachtiar, Mochammad Rifkymochrifkybchtiar89@gmail.comA72219057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhdi, Alimuhdi@uinsby.ac.id2026067203
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Kerajaan Majapahit; Kesultanan Demak; hegemoni
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mochammad Rifky Bachtiar
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:18
Last Modified: 23 Feb 2023 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59520

Actions (login required)

View Item View Item