Tradisi Ngumbai Lawok dalam perspektif hadis: kajian ma'anil hadith Sahih Muslim 1978 pada Masyarakat Pesisir Lampung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Fadhil (2023) Tradisi Ngumbai Lawok dalam perspektif hadis: kajian ma'anil hadith Sahih Muslim 1978 pada Masyarakat Pesisir Lampung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhil Ramadhani_E95218076 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada korelasi tradisi Ngumbai Lawok dengan hadis larangan “dhabah}a lighairillah” dalam kitab S}ahi>h Muslim nomor indeks 1978. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelestarian tradisi Ngumbai Lawok atau Ruwatan Laut pada masyarakat Pesisir Lampung yang di dalamnya terdapat praktek penyembelihan kepala hewan sebagai sesajen dalam ritualnya yang dianggap sesat oleh beberapa masyarakat, tetapi di lain tradisi ini menjadi sarana promosi yang menguntungkan bagi masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas ke-hujjah-an hadis larangan menyembelih untuk selain Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam riwayat S}ahi>h Muslim nomor indeks 1978, juga mencari kontekstualisasinya dengan tradisi Ngumbai Lawok pada masyarakat Pesisir Lampung. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research (Penelitian Kepustakaan). Sumber data penelitian ini diambil dari berbagai literatur berbahasa Indonesia maupun bahasa asing yang berkaitan dengan objek penelitian. Setelah dilakukan penelitian terhadap kualitas hadis S}ah}i>h} Muslim nomor indeks 1978 disimpulkan bahwa hadis S}ahi>h Muslim adalah s}ah}i>h} lidha>tihi dengan predikat kehujjahan maqbu>l ma’mulun bihi karena memenuhi kriteria hadis s}ah}i>h}. Lalu yang dimaksud dari lafadz “dhabah}a lighairillah” adalah menyembelih hewan dengan menyebut nama kecuali Allah Swt., sedangkan di lapangan praktek penyembelihan hewan dalam ritual Ngumbai Lawok ini sudah sesuai dengan tata cara penyembelihan agama Islam. Sehingga bisa disimpulkan bahwa ritual Ngumbai Lawok ini tidak bertentangan dengan nilai ajaran agama Islam selama niatnya baik, tidak ada tabdhir dan kemusyrikan didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Fadhilramadhani.fadhil91@gmail.comE95218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umarumarfaruq@gmail.com196207051993031003
Subjects: Akulturasi
Hadis
Adat
Keywords: Ngumbai Lawok; akulturasi; tradisi; ruwat laut; Sahih Muslim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Fadhil Ramadhani Faisol Efendi
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:37
Last Modified: 08 Mar 2023 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59567

Actions (login required)

View Item View Item