Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap pembinaan kemandirian narapidana dalam penanggulangan residivis: studi kasus lembaga pemasyarakatan kelas IIA Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Benazir Rahmi (2023) Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap pembinaan kemandirian narapidana dalam penanggulangan residivis: studi kasus lembaga pemasyarakatan kelas IIA Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Benazir Rahmi Salsabila_C93218071 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa pertama: sebagian besar faktor dari narapidana residivis di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sidoarjo yang melakukan tindak kejahatan kembali yakni faktor ekonomi. Sebagai upaya dalam penanggulanganya yaitu dengan pembinaan kemandirian, yang mana dapat memberikan bekal bakat akan keterampilan, yang menjadikan mereka lebih bertanggungjawab akan dirinya sendiri, dan juga terhadap orang lain. Pendekatan dan juga perhatian yang lebih yang diberikan terhadap narapidana residivis bertujuan untuk mengawasi mereka, dan mengantisipasi akan kegaduhan yang terjadi selama berada di dalam LAPAS. Kedua: Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sidoarjo sesuai dengan konsep pidana penjara dalam hukum pidana Islam, yang mana pidana penjara sesuai dengan konsep ta’zir yang sepenuhnya kebijakan dari penguasa (pemerintah) dan juga sesuai dengan maqasid al-syariah Hifz Al-aql, yakni tetap terpeliharanya akal dan kemaslahatan yang menolak kerusakan, dimana pembinaan kemandirian sebagai upaya dalam memelihara kemaslahatan umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Benazir Rahmic93218071@uinsby.ac.idC93218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFageh, Achmadachmadfageh@gmail.com0703067304
Subjects: Keluarga
Keterampilan
Pendidikan
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Narapidana; Pembinaan Nara pidana; Napi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: Benazir Rahmi Salsabila
Date Deposited: 05 Nov 2023 02:25
Last Modified: 05 Nov 2023 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59579

Actions (login required)

View Item View Item