Asal mula penciptaan perempuan: studi komparasi penafsiran Muhammad Abduh dan al-Maraghi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Khilda Zunaida (2023) Asal mula penciptaan perempuan: studi komparasi penafsiran Muhammad Abduh dan al-Maraghi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Khilda Zunaida_E73218063 OK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Putri Khilda Zunaida_E73218063 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Perempuan adalah wanita yang mengandung daya tarik kecantikan dan memiliki sifat keibuan yang telah mencapai usia dewasa dan telah dapat memiliki kematangan secara emosi dan afeksi serta memiliki sifat-sifat khas kewanitaaan. walaupun secara spesifik memiliki makna yang berbeda, akan tetapi secara subtansial semuanya menunjukan pada sifat, jenis kelamin dan kedudukan perempuan yang berposisi sebagai istri. Semuanya berstatus pasangan dan berbeda dengan laki-laki. Peneliti ini membahasan mengenai asal mula penciptaan perempuan terjadi perbedaan penafsiran dari segi memahami istilah kebahasaan yang terdapat dalam ayat-ayat yang berkaitan. Misalnya Muhammad Abduh menafsirkan lafadz nafs wa>hida>h menggunakan redaksi dan makna ayat, sedangkan Al-Maraghi menggunakan makna secara konseptual. Untuk itu dalam penelitian ini tidak lepas dari adanya istilah-istilah mengenai ayat-ayat asal mula penciptaan perempuan tersebut, diantaranya nafs wa>hida>h, wakhalaqa minha> zaujaha>. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode muqarran yaitu membandingkan dengan cara mengambul sejumlah ayat al-Qur’an kemudian mengemukakan penafsiran para ulama’ tafsir terhadap ayat-ayat itu, serta mengungkapkan pendapat mereka dan mebandingkan dari segi kecenderungan dalam menafsirkan al-Qur’an. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian (library research) dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap data (primer atau sekunder) yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa asal mula penciptaan perempuan. Menurut Muhammad Abduh satu jiwa disini bukanlah Adam, baik dari redaksi ayat maupun dari makna ayat. Adapun Al-Maraghi bahwa hawa adalah tercipta dari sejenis Adam, jika Adam diciptakan dari tanah maka hawa pun tercpta dari tanah pula.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Khilda Zunaidaputrikhildazunaidaaa@gmail.comE73218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIda, Rahmawatiida2rahma@gmail.com, idarahma@uinsa.ac.id2123017602
Subjects: Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Asal mula penciptaan perempuan; nafs wahidah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Putri Khilda Zunaida
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:41
Last Modified: 20 Dec 2023 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59595

Actions (login required)

View Item View Item