Penafsiran Zaghloul al Najjar terhadap Surah Al Nahl Ayat 115 dalam Kitab Tafsir al Ayat al Kauniyyah fi al Quran al Karim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ihsanniati, Nurlina Sari (2023) Penafsiran Zaghloul al Najjar terhadap Surah Al Nahl Ayat 115 dalam Kitab Tafsir al Ayat al Kauniyyah fi al Quran al Karim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurlina Sari Ihsanniati_E93219113 OK.pdf

Download (889kB)

Abstract

Makanan merupakan suatu kebutuhan primer bagi setiap manusia, namun tidak semua makanan yang ada di muka bumi ini sehat dan halal jika di konsumsi. Dalam Alquran Allah telah menjelaskan bagaimana makanan yang halal dan makanan yang haram. Makanan yang halal adalah makanan yang di anjurkan untuk di konsumsi, sedangkan makanan yang haram adalah makanan yang tidak boleh di konsumsi. Allah melarang mengonsumsi makanan yang haram tentunya memiliki maksud tersendiri dan jarang orang mengetahuinya. Maka dari itu penelitian ini terfokus pada makanan haram yang termuat dalam surah al-Nahl ayat 115 yaitu bangkai, darah, daging babi, dan hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah. Dengan berkembangnya zaman, pemahaman manusia terhadap Alquran dan ilmu pengetahuan juga semakin berkembang, sehingga banyak mufassir yang memahami Alquran dikorelasikan dengan ilmu pengetahuan, seperti yang dilakukan oleh Zaghloul al-Najjar. Ia terkenal sebagai mufassir kontemporer yang menafsirkan ayat-ayat kauniyah saja kemudian di hubungkan dengan ilmu sains dan ia juga memiliki sebuah karya yaitu kitab Tafsir al-Ayat al-Kauniyyah fi al-Quran al-Karim. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas tuntas penafsiran Zaghloul al-Najjar terhadap surah al-Nahl ayat 115, hikmah yang terkandung di dalamnya, serta metode dan corak penafsirannya dalam menafsirkan ayat tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research dengan metode deskriptif-analitis dan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primernya yakni dengan menggunakan kitab Tafsir al-Ayat al-Kauniyyah fi al-Quran al-Karim. Kemudian, sumber data sekundernya yaitu berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan sumber bacaan lainnya yang ada hubungannya dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini ialah Zaghloul al-Najjar menjelaskan dalam penafsirannya terhadap surah al-Nahl ayat 115 bahwasanya terdapat isyarat-isyarat ilmiah yang terkandung dalam ayat tersebut yakni apabila seseorang mengonsumsi bangkai, darah, daging babi, dan hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah akan menimbulkan berbagai macam penyakit pada diri manusia. Hal itu disebabkan karena adanya bakteri, virus dan zat berbahaya yang terkandung dalam keempat makanan haram tersebut. Kemudian metode penafsiran yang digunakan Zaghloul al-Najjar dalam menafsirkan surah al-Nahl ayat 115 adalah metode maudu’i dengan sumber penafsiran bi al-ra’yi yang bercorak ilmi dan hikmah dari adanya pelarangan terhadap bangkai, darah, daging babi, dan hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah yakni manusia terhindar dan terjaga dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh keempat makanan haram tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ihsanniati, Nurlina Sarinurlinasari210801@gmail.comE93219113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Makanan; Saintifik; Zaghloul al-Najjar; Tafsir al-Ayat al-Kauniyyah fi al-Quran al-Karim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nurlina Sari Ihsanniati
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:57
Last Modified: 09 Oct 2023 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59601

Actions (login required)

View Item View Item