Kisah ashab Al Kahfi dalam Al Qur’an perspektif Zaghloul Al Najjar dan sains modern: studi surah Al-Kahfi ayat 18

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, M Nur Gema (2023) Kisah ashab Al Kahfi dalam Al Qur’an perspektif Zaghloul Al Najjar dan sains modern: studi surah Al-Kahfi ayat 18. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Nur Gema Ramadhan_E93219101 OK.pdf

Download (903kB)

Abstract

Sementara itu kisah ashabul Kahfi sendiri adalah kisah para pemuda beriman yang melarikan diri dari raja yang zolim, dan tertidur di gua selama 309 tahun. Di dalam surah Al-kahfi sudah dijelaskan bagaimana keadaan tidur mereka ketika di dalam gua. Terlebih lagi penjelasan tentang Allah membolak-balikkan tubuh Mereka ketika tidur hanya terdapat pada ayat kisah ashab Al-kahfi. Dari kegelisahan tersebut, ditemukan beberapa permasalahan sebagai berikut untuk diteliti lebih lanjut; 1) bagaimana penafsiran Zaghloul Al-Najjar terhadap surah Al-kahfi ayat 18 tentang kisah ashab Al-kahfi? 2) bagaimana relevansi penafsiran Zaghloul Al-Najjar dalam surah Al-kahfi dengan ilmu sains modern? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan penafsiran Zaghloul Al-Najjar terhadap surah Al-kahfi ayat 18, kedua, menemukan relevansi penafsiran Zaghloul Al-Najjar dengan ilmu sains modern.Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif serta metode deskriptif. Data primer yang digunakan bersumber dari kitab Tafsīr al-Āyāt al-Kauniyyah fī al-Qur’ān al-Karīm karya Zaghloul al-Najjar. Sedangkan data sekunder diperoleh dari kitab, buku, jurnal, serta artikel ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Hasil analisa dari penelitian ini adalah pertama, hikmah dari dibolak-baliknya tubuh mereka ke kanan dan kiri yakni melindungi agar tubuh mereka tidak membusuk di makan tanah dan mencegah dari penyakit bedsore atau penyumbatan pembuluh darah sehingga menyebabkan kematian. Kedua, adanya relevansi antara penafsiran Zaghloul Al-Najjar dengan ilmu pengetahuan sains modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, M Nur Gemagemaramadhan.692@gmail.comE93219101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: ashabul kahfi; sains modern; kisah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: M. Nur Gema Ramadhan
Date Deposited: 26 Nov 2023 01:42
Last Modified: 26 Nov 2023 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59613

Actions (login required)

View Item View Item