Strategi penempatan pekerja migran Indonesia ke Hong Kong oleh PT Parco Laut

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zamida, Firda Nur (2022) Strategi penempatan pekerja migran Indonesia ke Hong Kong oleh PT Parco Laut. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Nur Zamida_I72218041 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang tersebar di Indonesia menimbulkan persaingan antar P3MI. Masing-masing P3MI tentu saja memiliki strategi dalam menempatkan PMI ke negara tujuan penempatan yang beragam guna mewujudkan tujuan P3MI. Data penempatan yang menyebutkan bahwa Hong Kong menjadi tujuan penempatan terbanyak menandakan bahwa Hong Kong masih menjadi tujuan penempatan yang banyak diminati warga Indonesia. Selain karena gaji yang tinggi dan perlindungan bagi PMI yang baik, peluang kerja disana juga banyak. Namun tidak semua P3MI dapat memanfaatkan peluang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penempatan Pekerja Migran Indonesia ke Hong Kong oleh PT Parco Laut. Menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan data primer yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Diperoleh hasil penelitian bahwa PT Parco Laut menggunakan kebijakan zero cost yang didalamnya terdapat beberapa aturan yang melindungi PMI. Penempatan gratis biaya dan tanpa potongan gaji menjadi daya tarik PT Parco Laut yang belum bisa dilaksanakan oleh PT lain. Dibuktikan dengan hasil wawancara PMI yang proses melalui PT Parco Laut dan PT lainnya. Dalam strategi penempatannya, PT Parco Laut juga mengoptimalkan mitra usaha Hong Kong; memanfaatkan kerja sama bilateral Indonesia dan Hong Kong; menyempurnakan aturan zero cost; melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi; memanfaatkan BLK secara maksimal; menggunakan standar pelatihan yang berorientasi pada Hong Kong; memanfaatkan website; mengidentifikasi peluang pasar tenaga kerja; dan melakukan positioning pasar kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zamida, Firda Nurfirdanurzamida@gmail.comI72218041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Moh. Fathonimfathonihakim@gmail.com2005018402
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Strategi Penempatan; PT Parco Laut; Pekerja Migran Indonesia; Hong Kong
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Firda Nur Zamida
Date Deposited: 12 Nov 2023 00:55
Last Modified: 12 Nov 2023 00:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59626

Actions (login required)

View Item View Item