Fenomena leissure economy terhadap peningkatan konsumsi kopi di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dani, Via Rahman (2022) Fenomena leissure economy terhadap peningkatan konsumsi kopi di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Via Rahman Dani_G01218027 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini dipilih secara acak (random sampling) dengan karakteristik informan yang diwawancarai, yaitu 11 remaja yang berusia antara 17-23 tahun yang terpengaruh budaya leissure, yang menjadikan aktifitas “nongkrong” di Kafe sebagai pilihan dalam menghabiskan waktu luang. Hasil dari penelitian ini diperolehnya penyebab leissure menjadi alasan dalam konsumsi kopi khususnya di Kafe yaitu karena faktor pendapatan, differensiasi produk, banyaknya waktu luang, konsep kafe yang unik dan nyaman, letak geografis kafe, pengaruh lingkungan, teknologi, rasa ingin mencoba, dan harga terjangkau. Dampak aktivitas leissure remaja yang merujuk pada aktivitas konsumsi kopi terhadap PDRB kota Surabaya sebesar Rp.393.750.000.000 atau 393,75 Miliar (Rp), jika dibandingkan angka PDRB ADHK Surabaya, persentasenya mencapai 0,0965 persen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada para Industri Makanan dan Minuman agar bisa lebih memanfaatkan teknologi yang ada. Inovasi desain kafe juga dapat menjadi salah satu daya tarik pasar. Pemasaran produk kopi dapat diperluas menggunakan media sosial dan e-commerce lingkup nasional maupun internasional seperti instagram, facebook, website resmi kafe, maupun e-commerce seperti shopee . Hal tersebut dilakukan untuk lebih menarik banyak konsumen khususnya di Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dani, Via Rahmanviarahmandhani@gmail.comG01218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi
Keywords: Leissure; Konsumsi; Kopi; PDRB
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Via Rahman Dani
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:38
Last Modified: 17 Nov 2023 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59634

Actions (login required)

View Item View Item