Efektivitas aplikasi wargaku sebagai layanan pengaduan online masyarakat Kota Surabaya: studi kasus kecamatan tambaksari kota surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Intan (2023) Efektivitas aplikasi wargaku sebagai layanan pengaduan online masyarakat Kota Surabaya: studi kasus kecamatan tambaksari kota surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Pertiwi_I01217007 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas efektivitas aplikasi WargaKu sebagai inovasi dalam pelayanan pengaduan online oleh Pemerintah Kota Surabaya dengan studi kasus pada Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana efektivitas aplikasi WargaKu di Kecamatan Tambaksari dan (2) strategi yang dilakukan oleh pemerintahan Kota Surabaya untuk mewujudkan efektivitas aplikasi WargaKu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas menurut Sondang P. Siagian sebagai pedoman untuk mengukur efektivitas aplikasi WargaKu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, aplikasi WargaKu dinilai sudah efektif di Kecamatan Tambaksari. Hal ini didasarkan pada delapan poin efektivitas Sondang P. Siagan yang telah terpenuhi menurut pendapat masyarakat Kecamatan Tambaksari yaitu: terlaksananya tujuan aplikasi WargaKu yaitu adanya respon cepat, strategi Pemkot Surabaya untuk mewujudkan tujuan aplikasi WargaKu salah satunya dengan sosialisasi di media sosial, Diskominfo Kota Surabaya merancang dan mensosialisasi aplikasi WargaKu berdasarkan Perwali No.82 Tahun 2021, aplikasi WargaKu mengalami banyak upgrade untuk terus menyempurnakan pelayanan yang diberikan dari pemkot Surabaya kepada masyarakat Kota Surabaya, aplikasi WargaKu merupakan program pengaduan dan pelayanan masyarakat Kota Surabaya dari fitur-fitur didalamnya, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat karena efektifnya sistem dan admin aplikasi WargaKu, masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih mudah, cepat dan efisien lewat aplikasi WargaKu, adanya sistem monitorng oleh Walikota Surabaya yang bisa memantau pengaduan yang masuk pada aplikasi WargaKu. Kedua, terdapat berbagai strategi yang dilakukan oleh pemerintahan Kota Surabaya dalam hal ini adalah Dinas Kominfo Kota Surabaya yang bertanggung jawab atas pelaksanaan aplikasi WargaKu sebagai instrumen e-government Kota Surabaya yaitu sosialisasi melalui semua platform media sosial pemkot Surabaya, pelatihan admin aplikasi WargaKu, penyediaan user guide untuk masyarakat Kota Surabaya, evaluasi sistem aplikasi WargaKu hingga monitoring oleh Walikota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Intanpertiwi.intan21@gmail.comI01217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahmissholilah@gmail.com2018107602
Subjects: Ideologi Politik
Kebijakan Publik
Demokrasi
Keywords: Efektivitas; Aplikasi Wargaku; E-Government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: INTAN PERTIWI
Date Deposited: 17 Nov 2023 11:11
Last Modified: 17 Nov 2023 11:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59645

Actions (login required)

View Item View Item