Pesan dakwah dalam lirik lagu Sandaran hati Letto, analisis semiotika Charles Sanders Pierce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Isnaini Izzul (2023) Pesan dakwah dalam lirik lagu Sandaran hati Letto, analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnaini Izzul Hikmah_B91219104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Isnaini Izzul Hikmah, NIM. B91219104, 2022. Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu “Sandaran Hati” Letto (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pesan dakwah dalam lirik lagu Sandaran Hati karya grup band Letto, dengan tujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terdapat pada lirik lagu tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik analisis semiotik Charles Sanders Pierce dan menggunakan teori Pesan Dakwah oleh Moh. Ali Aziz. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pemaknaan yang terdapat di dalam lirik lagu “Sandaran Hati” karya Letto adalah Pesan Akidah yaitu tawakkal (berserah diri) depada Allah dibuktikan dengan janji suci yang telah terikat antara Allah dan hambanya yaitu syahadat dimana janji tersebut mempunyai konsekuensi bahwa sebagai hamba kita harus mengarahkan segala bentuk pengabdian hanya kepada Allah dalam keadaan apapun. Pesan Syari’at yaitu istiqomah dalam beribadah yang dibuktikan dengan wujud dari syahadat yang paling dekat adalah melaksanakan shalat. Setiap hamba harus melaksanakan shalat dengan sepenuh hati (khusyu’) agar mendapatkan ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan di dalam hidupnya. Rekomendasi dalam skripsi ini adalah agar kedepannya dapat menjadi acuan kepada peneliti selanjutnya yang akan mengkaji skripsi mengenai pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu “Sandaran Hati” karya Letto dengan menggunakan metode dan teori yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Isnaini Izzulisnainiizzulhikmah55@gmail.comB91219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; lirik lagu; semiotik Charles Sanders Pierce
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Isnaini Izzul Hikmah
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:50
Last Modified: 03 Jul 2023 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59687

Actions (login required)

View Item View Item