Akulturasi budaya Jawa dan Islam dalam Serat Pepali Ki Ageng Selo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurbaiti, Almira (2023) Akulturasi budaya Jawa dan Islam dalam Serat Pepali Ki Ageng Selo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Almira Nurbaiti_A02218010 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Akulturasi Budaya Jawa Dan Islam Dalam Serat Pêpali Ki Agêng Selo”. Di dalam skripsi ini terdapat tiga fokus permasalahan yaitu: (1) Bagaimana biografi Ki Agêng Selo: (2) Bagaimana isi Serat Pêpali Ki Agêng Selo: (3) Bagaimana bentuk akulturasi budaya Jawa dan Islam dalam Pêpali Ki Agêng Selo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan: heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber), serta historiografi (penulisan sejarah). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan antropologi sastra yang berfungsi untuk mengkaji aspek budaya masyarakat yang ada pada sebuah karya sastra. Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori akulturasi Koentjaraningrat yang memiliki relevansi dengan penelitian akulturasi budaya Jawa dan Islam yang ada pada Serat Pêpali Ki Agêng Selo. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Ki Agêng Selo adalah leluhur dari raja-raja Kerajaan Mataram Islam yang terkenal dengan karyanya yaitu Serat Pêpali Ki Agêng Selo. (2) Isi dari Serat Pêpali Ki Agêng Selo ini berisi tentang ajaran untuk selalu berbuat baik, ajaran untuk menjadi manusia utama dan ajaran tentang kehidupan. (3) Bentuk akulturasi budaya Jawa dan Islam dalam Serat Pêpali Ki Agêng Selo terdapat pada penggabungan budaya Jawa dan nilai-nilai Islam yang terdapat dalam pola aspek bahasa, kesenian, kepercayaan serta sistem pengetahuan beserta peleburan budaya Jawa dan nilai-nilai Islam dalam penyebutan konsepsi Tuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurbaiti, Almiraalmiranurbaiti@gmail.comA02218010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadmkhod4fi@gmail.com2029117202
Thesis advisorZulaili, I'in Nuriinzulaili13@gmail.com2029039501
Subjects: Akulturasi
Budaya - Agama
Keywords: Akulturasi; budaya Jawa; Islam; Serat Pepali Ki Ageng Selo
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Almira Nurbaiti
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:50
Last Modified: 28 Feb 2023 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59693

Actions (login required)

View Item View Item