Pengaruh instagram @husein_hadar terhadap kreativitas dakwah di media sosial pada Mahasiswa KPI UINSA 2019/2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Banafsaj, Metana Nadya (2023) Pengaruh instagram @husein_hadar terhadap kreativitas dakwah di media sosial pada Mahasiswa KPI UINSA 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Metana Nadya Banafsaj_B01219029 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdakwah menggunakan instagram sudah banyak dilakukan oleh da’i lainnya, sehingga da’i yang baru memulai dakwah di instagram harus menampilkan dakwah yang berbeda. Da’i harus bisa mendekati objek dakwah dengan menawarkan video menarik dan konsisten terhadap segmentasi yang dipilih. Memperhatikan kualitas dan kreativitas konten untuk menghindari dakwah yang monoton dan membosankan. Salah satu dakwah yang memiliki konsep menarik ialah pada instagram akun @huesin_hadar. Akun tersebut merupakan milik dari Ustaz Habib Husein Ja''far al-Hadar yang memiliki 1,5 juta followers. Konten dakwah digital yang telah diunggah seperti dakwah di mimbar, tanya jawab seputar agama bersama artis, diskusi dengan agama lain, berdakwah bersama kyai, dan yang paling terkenal yaitu konten Kultum Pemuda Tersesat. Konsep yang disajikan pada konten tersebut berfokus pada kalangan anak muda. Habib Ja’far dalam berceramah berpenampilan layaknya anak muda dan berbeda dengan para habib lainnya yang identik menggunakan jubah untuk memaksimalkan dakwah kepada anak muda. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yakni (1)Bagaimana pengaruh instagram @husein_hadar terhadap kreativitas dakwah di media sosial pada mahasiswa KPI UINSA 2019/2020? (2) Bagaimana kreativitas media sosial instagram @husein_hadar pada maasiswa KPI UINSA 2019/2020? Penelitian ini didasari atas fenomena besarnya jumlah peminat yang memilih prodi KPI sebagai pilihan studinya di FDK UINSA. Dengan menjamurnya prodi KPI di Universitas Negeri dan Swasta serta lembaga-lembaga pendidikan, prodi KPI UINSA tidak pernah kehilangan peminatnya, bahkan dari tahun ke tahun jumlah peminat dari prodi KPI UINSA semakin meningkat. Maka penelitian ini tertarik untuk mengkaji bagaimana kreativitas mahasiswa sebagai bagian dari Universitas, khususnya mahasiswa tahun 2019/2020 prodi KPI , dengan tujuan mengetahui apakah ekspektasi kreativitas pembuatan konten sebelum dan sesudah menjadi mahasiswa KPI meningkat atrau tidak. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Uji T dan Uji Korelasi Rho Spearman untuk mengetahui pengaruh dari objek penelitian ini. Selain itu, dalam mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan kuisioner dengan jumlah total pernyataan sebanyak 25 buah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1).Instagram akun @husein_hadar berpengaruh sebagai kreativitas mahasiswa dalam berdakwah atau membuat konten -konten yang lain yang dibuktikan dari hasil Uji T pada variabel X (instagram akuin @husein_hadar) yakni 3.68 dan variabel Y (kreativitas) yakni 3.72, yang menunjukkan bahwa kedua varibel berada pada kategori sedang.(2)Penelitian Instagram akun@husein_hadar (variabel X) dan kreativitas (variabel Y) berpengaruh yang memiliki tingkat kekuatan atau hubungan korelasi sangat lemah berdasarkan hasil penelitian sebesar -0,230dan nilai signifikansi 0.047(˂ 0.05) maka ada hubungan yang signifikan antara variabel x dengan variabel y. Sehingga, dari pemaparan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa instagram @husein_hadar berpengaruh sebagai kreativitas dakwah dalam di media sosial pada mahasiswa KPI UINSA 2019/2020

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Banafsaj, Metana Nadyametananadyabanfsaj.kpi@gmail.comB01219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlaihi, Wahyuwahyu.iaihi@uinsby.ac.id197804022008012026
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah, Remaja
Dakwah > Kepuasan
Keywords: Kreativitas; dakwah; teori; instagram; husein_hadar; mahasiswa; media sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: METANA NADYA BANAFSAJ
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:34
Last Modified: 05 Apr 2023 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59703

Actions (login required)

View Item View Item