Narasi dan fokalisasi dalam Pemintal Kegelapan karya Intan Paramadhita: pendekatan narator

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Ajeng Putri (2023) Narasi dan fokalisasi dalam Pemintal Kegelapan karya Intan Paramadhita: pendekatan narator. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ajeng Putri Fauziyah_A94219043 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada naratologi dan fokalisasi dalam Pemintal Kegelapan karya Intan Paramadhita dengan pendekatan naratologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk narasi dan fokaslisasi dalam Pemintal Kegelapan karya Intan Paramadhita serta mengetahui model naratologi yang mempengaruhi tema dalam cerita Pemintal Kegelapan karya Intan Paramadhita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah naratologi Seymour Chatman dan fokalisasi Gerard Genette. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan fokus penelitian pada kata dan kalimat yang mengandung narasi dan fokalisasi pada Pemintal Kegelapan. Dalam penelitian ini ditemukan adanya penulis tersirat, waktu penceritaan peristiwa ulterior dan simultan serta tipe narator internal. Pada bagian fokalisasi ditemukan bentuk penceritaan ke dalam dan ke luar. Serta tipe fokalisasi yang digunakan yaitu mahatahu (omniscient) dan tujuan (objective). Model naratologi yang mempengaruhi tema dalam cerita Pemintal Kegelapan karya Intan Paramadhita yaitu kegagalan perempuan dalam menyuarakan permasalahan batin (speak up).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Ajeng Putriajengputrifauziyah.43@gmail.comA94219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlvin, Jauharotinalfin@uinsby.ac.id2006067301
Thesis advisorAtikurrahman, Mohatiqurrahman@gmail.com2007108504
Subjects: Bahasa Indonesia
Sastra
Keywords: Fokalisasi; narasi; Pemintal Kegelapan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Ajeng Putri Fauziyah
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:30
Last Modified: 08 Mar 2023 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59707

Actions (login required)

View Item View Item