Penurunan kehilangan Air Perumda Delta Tirta Zona pelayanan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tawangsari Menggunakan Sistem Distric Meter Area (DMA) ditinjau dari aspek teknis dan kelembagaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Barikiyah, Saeril (2023) Penurunan kehilangan Air Perumda Delta Tirta Zona pelayanan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tawangsari Menggunakan Sistem Distric Meter Area (DMA) ditinjau dari aspek teknis dan kelembagaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saeril Barikiyah_H05219014 OK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tingkat kehilangan air di PERUMDA Delta Tirta masih diatas 20%, menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia No 27/PRT/M/2016 bahwa batas maksimal tingkat kehilangan air maksimum sebesar 20%. Tujuan dari penelitian adalah mengevaluasi kehilangan air PERUMDA Delta Tirta zona pelayanan instalasi pengolahan air (IPA) Tawangsari menggunakan Sistem Distric Meter Area (DMA) ditinjau dari aspek teknis dan kelembagaan. Metode penurunan tingkat kehilangan air pada penelitian ini untuk aspek teknis menggunakan software Epanet 2.0 kemudian dianalisis kembali dengan persamaan Hazen-Wiliam dan aspek kelembagaan menggunakan metode BPPSAM dianalisis pada rasio pegawai terhadap pelanggan, rasio diklat pegawai, dan rasio biaya diklat. Hasil analisa menunjukkan bahwa pada zona pelayanan Kecamatan Taman pada pressure 40.96 m dan Kecamatan Waru pada Pressure yaitu 50.50 m. Optimalisasi pada penurunan tingkat kehilangan air di PERUMDA Delta Tirta Zona Pelayanan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tawangsari menggunakan 2 skenario desain ulang. Skenario 1 desain ulang dengan penamabahan valve dan PRV pada zona pelayanan Kecamatan Taman dan zona pelayan Kecamatan Waru. Sedangkan Skenario 2 pada jaringan distribusi dengan pergantian pompa centrifugal pada zona pelayanan Kecamatan Taman dan zona pelayanan Kecamatan Waru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Barikiyah, Saerilsaerilbar93@gmail.comH05219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Thesis advisorHakim, Abdulandu.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Tingkat Kehilangan Air; Tekanan; Desain Ulang
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Saeril Barikiyah
Date Deposited: 29 Oct 2023 12:36
Last Modified: 29 Oct 2023 12:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59750

Actions (login required)

View Item View Item