Pengaruh kombinasi nutrisi terhadap hasil tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir.) melalui budidaya hidroponik sistem wick

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifa, Siti (2023) Pengaruh kombinasi nutrisi terhadap hasil tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir.) melalui budidaya hidroponik sistem wick. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Latifa_H01219014 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kangkung darat mengalami peningkatan jumlah konsumsi yang tidak diikuti dengan ketersediaan lahan pertanian. Oleh karen itu, diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan produksi kangkung darat dengan mempercepat frekuensi panen. Permasalahan tersebut dalam diatasi melalui budidaya hidroponik sistem wick. Nutrisi pada budidaya hidroponik sistem wick memiliki peran yang penting karena nutrisi menjadi sumber pasokan untuk metabolisme tanaman. Sehingga diperlukan nutrisi yang tepat untuk mempercepat frekuensi panen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi nutrisi dan kombinasi yang paling optimal terhadap hasil tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir.) melalui budidaya hidroponik sistem wick. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif eksperimental yang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan menggunakan 18 perlakuan dan 2 pengulangan. Pengambilan data hasil tanaman kangkung darat dilakukan pada saat panen (umur 25 HST). Data dianalis dengan uji Kruskal Wallis dan uji lanjutan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh tidak signifikan dari berbagai kombinasi nutrisi terhadap variabel pengamatan panjang akar, berat akar, luas daun, massa daun, berat segar total dan berat kering total. Akan tetapi, diperoleh kombinasi optimal pada perlakuan N13 (Calnit 250 gram : MagS 50 gram : Flex-G 300 gram : MAP 15 gram) di semua parameter pengamatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifa, Sitisilatifa789@gmail.comH01219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id0711119101
Subjects: Biologi
Keywords: Nutrisi; kangkung darat; hidroponik sistem wick
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Siti Latifa
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:19
Last Modified: 07 Mar 2023 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59778

Actions (login required)

View Item View Item