Perancangan Pusat Olahraga Islami di Kota Tangerang dengan pendekatan semiotika pragmatik dari kalimat Thayyibah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Kemal (2023) Perancangan Pusat Olahraga Islami di Kota Tangerang dengan pendekatan semiotika pragmatik dari kalimat Thayyibah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kemal Akbar_H73217060 ok.pdf

Download (11MB)

Abstract

Setengah penduduk Indonesia memiliki kemauan untuk melakukan kegiatan olahraga demi memperoleh pola hidup sehat. Masyarakat Indonesia khususnya Kota Tangerang cukup meminati banyak jenis olahraga aerobik maupun permainan seperti berlari, berenang, sepak bola, basket, tenis, baseball, dan badminton. Namun, masih terdapat olahraga yang sedikit peminatnya tetapi manfaatnya banyak untuk kebugaran jasmani maupun rohani dikarenakan pada dasarnya manusia juga membutuhkan rohani yang sehat. Olahraga panahan dan berkuda masih terbilang sedikit peminatnya walaupun olahraga tersebut merupakan olahraga anjuran islam dan mayoritas penduduk Kota Tangerang pemeluk agama Islam. Sedikitnya peminat dikarenakan beberapa faktor, yaitu karena minimnya keberadaan Pusat Olahraga Islam yang mendukung di Tangerang, olahraga tersebut bukan merupakan olahraga yang mudah dilakukan dan belum ada daya tarik tersendiri pada olahraga ini. Sehingga diperlukannya wadah yang mendukung aktivitas olahraga ini agar dapat lebih dipandang serta diminati penduduk Kota Tangerang. Menghadirkan perancangan gedung pusat olahraga dengan ide rancangan yang memberikan pesan-pesan religius akan menjadi daya tarik tersendiri pada pusat olahraga islami. Harapannya desain perancangan ini akan menjadi cara/alat dalam menyiarkan salah satu bagian dari ajaran islam serta tanda kebesaran Allah SWT. Aktivitas olahraga maupun pola hidup merupakan anugerah yang telah diberikan sang pencipta sehingga perancangan ini juga diharapkan mampu selalu mengingat akan kebesaran serta kebaikannya. Oleh karena itu pendekatan Semiotika Pragmatik dari Kalimat Thayyibah dipilih untuk menanamkan nilai-nilai tersebut. Cara analogis akan diterapkan dari mekanisme semiotika pragmatis guna lebih mudah dalam penyampaian pesan dan kalimat thayyibah yang akan digunakan ialah Allahuakbar dikarenakan kebesaran Allah yang sangat banyak tetapi masih sedikit yang menyadarinya. Tanda-tanda akan kebesaran Allah SWT akan dikaji dan diaplikasikan kedalam perancangan sehingga mempunyai daya tarik tersendiri serta mampu mengatasi permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Kemalkemalakbar69@gmail.comH73217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorRohman, FathurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Fasilitas Umum
Olah Raga
Keywords: Pusat olahraga Islami; semiotika pragmatik; tanda-tanda; kalimat thayyibah; kebesaran Allah SWT
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Kemal Akbar
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:13
Last Modified: 05 Apr 2023 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59785

Actions (login required)

View Item View Item