Studi komparatif indeks biotik makroinvertebrata sebagai bioindikator kualitas air Sungai Sruni dan Sungai Sidokare Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasan, Adiva Maulidial (2023) Studi komparatif indeks biotik makroinvertebrata sebagai bioindikator kualitas air Sungai Sruni dan Sungai Sidokare Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adiva Maulidial Hasan_H05218003 ok.pdf

Download (9MB)

Abstract

Air sungai merupakan sumber air baku utama pada proses pengolahan air minum. Namun seiring dengan laju pertumbuhan penduduk serta pertumbuhan industri yang sangat pesat, kualitas air saat ini mengalami penurunan dikarenakan air yang tercemar. Sungai Sidokare berada di Kecamatan Sidokare Sidoarjo, dan Sungai Sruni berada di Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Daerah kedua sungai tersebut merupakan daerah pemukiman warga yang dapat menyebabkan penurunan kualitas air sungai akibat buangan limbah. Tujuan penelitian ini adalah biomonitoring analisis makroinvertebrata dan pengujian kualitas air secara fisika-kima dalam analisis kualitas air. Penelitian ini merupakan penelitian experimental di lapangan melalui pengukuran parameter fisik-kimia air sungai yang terdiri dari parameter pH, suhu, DO, BOD, COD, Kekeruhan dan Amonia. Metode penelitian ini adalah indeks keanekaragaman dan Biological Monitoring Work Party - Average Score Per Taxon (BMWP-ASPT). Hasil dari analisis pengujian selanjutnya dilakukan perbandingan dengan baku mutu PP No 22 Tahun 2021 Kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas air yang melebihi baku mutu ialah parameter DO, BOD, COD, dan Amonia. Indeks keanekaragaman semua stasiun Sungai Sidokare dan Sungai Sruni dikategorikan kenakeragaman sedang, dan pada perhitungan dengan metode BMWPASPT, semua stasiun Sungai Sidokare dan stasiun Sungai Sruni termasuk dalam kategori perairan kotor berat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasan, Adiva Maulidialadivamaulidial@gmail.comH05218003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorOktorina, SaritaUNSPECIFIED198710052014032003
Thesis advisorMunfarida, IdaUNSPECIFIED198411302015032001
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Biomonitoring; BMWP-ASPT; keanekaragaman; kualitas air sungai; makroinvertebrata
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Adiva Maulidial Hasan
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:10
Last Modified: 08 Mar 2023 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59789

Actions (login required)

View Item View Item