Gaya bahasa Habib Husein Ja’far Al Hadar dalam Video Jeda Nulis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyaningrum, Alfina (2023) Gaya bahasa Habib Husein Ja’far Al Hadar dalam Video Jeda Nulis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfina Widyaningrum_B01219007 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah gaya bahasa yang digunakan Habib Husein Ja’far Al Hadar pada video “Jangan Marah!” pada youtube channel Jeda Nulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model analisis Miles and Huberman untuk menganalisis gaya bahasa yang digunakan Habib Husein Ja’far Al Hadar dalam “Jangan Marah!”. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi dan riset kepustakaan. Menggunakan empat teori yang berbeda dalam penyajiannya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada gaya bahasa menurut Gorys Keraf terdapat gaya bahasa resmi, tidak resmi, percakapan, sederhana, menengah, mulia dan bertenaga, klimaks, antiklimaks, paralelisme, antitesis dan repetisi. Pada gaya bahasa menurut Martin Joos terdapat gaya bahasa formal style dan casual style. Lalu gaya bahasa menurut Dell Hymes terdapat setting and scene, participants, ends, acts, keys, instumentalities, norm dan genre. Dan gaya bahasa menurut Hasymy terdapat Taklim dan Tarbiyah, Takzir dan Tanbih,, Targhib dan Tabsyir, Tarhib dan Inzar, dan Amar dan Nahl.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyaningrum, Alfinaalfinawidy@gmail.comB01219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullahmartabakbangsatar@gmail.com2017126501
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Gaya bahasa; Habib Husein Ja’far Al Hadar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alfina Widyaningrum
Date Deposited: 03 May 2023 03:54
Last Modified: 03 May 2023 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59796

Actions (login required)

View Item View Item