Pemanfaatan limbah cangkang kerang (Cerastoderma Edule) sebagai bahan campuran paving block ramah lingkungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apshari, Fridha Suryadhini (2023) Pemanfaatan limbah cangkang kerang (Cerastoderma Edule) sebagai bahan campuran paving block ramah lingkungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fridha Suryadhini Apshari_H75216035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim mempunyai wilayah lautan yang luas. Lautan tersebut memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang bermukim di area pesisir. Namun, disamping banyaknya manfaat yang diberikan juga didapatkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah limbah cangkang kerang. Di kelurahan Kedung Cowek, Kenjeran Surabaya Jawa Timur mempunyai permasalahan terkait limbah cangkang kerang yang tidak diolah dengan baik, dan dibiarkan menumpuk begitu saja karena TPA Benowo Surabaya tidak mengangkut limbah tersebut. Limbah cangkang kerang dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang mempunyai nilai. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis pemanfaatan limbah cangkang kerang menjadi bahan baku campuran pada paving block dengan melakukan uji kuat tekan dan uji serapan air. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental, dimana dilakukan variasi percobaan dengan menggunakan 4 variasi sampel. 0% cangkang kerang, 5% cangkang kerang, 10% cangkang kerang, dan 15% cangkang kerang. Dari hasil pengujian kuat tekan sebesar paling efektif terdapat pada percobaan hari ke 14 dengan variasi campuran 15% sebesar 201,90 kg/cm2//19,79 Mpa. Pengujian penyerapan air dengan variasi sampel 5% memiliki hasil paling efektif sebesar 8,90%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apshari, Fridha Suryadhinifridhasd1606@gmail.comH75216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Subjects: Pembangunan
Teknik Lingkungan
Keywords: Cangkang Kerang; paving block; ramah lingkungan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Fridha Suryadhini Apshari
Date Deposited: 28 Mar 2023 05:21
Last Modified: 28 Mar 2023 05:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59802

Actions (login required)

View Item View Item