Hubungan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Pancasila pada film The Kid Who Would Be King dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Kurikulum 2013

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'ah, Siti Usrotun (2023) Hubungan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Pancasila pada film The Kid Who Would Be King dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Kurikulum 2013. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Usrotun Nafiah_D07216039 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya berbagai kasus yang sangat destrukstif dalam konteks kebangsaan dan tentunya sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama, cotohnya terjadinya diskriminasi serta perusak moral bangsa yang mulai banyak dilakukan oleh anak usia SD/MI. Banyak kasus dan permasalahan terkait moral siswa, pendidikan moral dan karakter yang paling menjadi sorotan masyarakat. Dari berbagai macam kasus tersebut tentunya salah satunya berasal dari tontonan anak-anak usia SD/MI zaman sekarang yang mulai menjurus ke hal-hal yang negatif, seperti kekerasan, pornografi, perilaku konsumtif, diskriminatif dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter apa saja yang tergambar dalam film The Kid Who Would be The King jika dikaitkan dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terintegrasi dalam Kurikulum 2013. Hal-hal yang dikaji dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang tergambar dan juga model penanamannya baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian ke dalam penelitian kepustakaan atau library research. Subyek penelitian ini adalah film The King Who Would Be King. Sementara itu, untuk obyek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film The Kid Who Would Be King serta hubungannya dengan program penguatan pendidikan karakter (PPK). Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan didukung oleh film yang diputar secara berulang-ulang sebagai wujud uji keabasahan data. Hasil hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai karakter yang ada dalam film The Kid Who Would Be The Kid bahwa terdapat berbagai nilai karakter yang dapat dipetik dari film tersebut. Nilai-nilai karakter yang muncul dalam film tersebut diantaranya adil dan bijaksana, membantu sesama teman, kejujuran, rasa ingin tahu, mau belajar hal baru, pantang menyerah, bekerja sama, keberanian, mematuhi aturan yang ada, penuh ide, dan komitmen. Semua nilai karakter tersebut tergambar ketika 4 ksatria, yaitu Alex, Badders, Lace, dan Kaye dalam petualang menuju pulau Tintagel. Selain tergambar dalam petualangan yang dalam hal ini dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, penerapan nilai karakter dalam film tersebut juga ketika pembelajaran di kelas maupun di masyarakat, sehingga hal ini sesuai dengan penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang diintegrasikan dalam Kurikulum 2013.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'ah, Siti Usrotunusrotunnafiah31@gmail.comD07216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id207309100
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Media Massa
Etika
Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter (PPK); Kurikulum 2013; The King Who Would be The King
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Usrotun Nafiah
Date Deposited: 29 Mar 2023 05:08
Last Modified: 29 Mar 2023 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59811

Actions (login required)

View Item View Item