Dari perempuan untuk pekerja migran: studi pembentukan Peraturan Daerah tentang pelaksanaan pelindungan pekerja migran Indonesia di DPRD Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fa'izah, Hasna Nisa'ul (2023) Dari perempuan untuk pekerja migran: studi pembentukan Peraturan Daerah tentang pelaksanaan pelindungan pekerja migran Indonesia di DPRD Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasna Nisaul Faizah_I01219013 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari keterwakilan perempuan di DPRD Jawa Timur yang belum memenuhi kuota 30% sehingga pembentukan Perda didominasi oleh laki-laki. Peran anggota legislatif perempuan menjadi penting dalam pembentukan Perda karena akan mewakili kepentingan kelompok perempuan. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran anggota perempuan DPRD Provinsi Jawa Timur dalam pembentukan Peraturan Daerah tentang Pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami mengenai peran anggota perempuan DPRD Provinsi Jawa Timur dalam pembentukan Peraturan Daerah tentang Pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dari beberapa buku, karya ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Infroman yang dipilih yaitu anggota dewan, akivis dan akademisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori representasi politik menurut Hanna F. Pitkin dan Anne Phillips. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran perempuan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dalam pembentukan Perda Pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran telah dijalankan dengan baik meskipun keterwakilan mereka belum memenuhi kuota 30%. Representasi deskriptif dari perempuan dalam pembentukan kebijakan ini telah mempengaruhi representasi substantif karena dengan hadirnya perempuan mampu membawa kepentingan dari kelompoknya. Representasi substantif yang dilakukan oleh anggota dewan perempuan (dan laki-laki) terlihat saat mereka menginisasi Perda ini yang berawal dari tingginya kasus yang dialami oleh pekerja migran Indonesia. Anggota dewan perempuan menjadi kelompok yang kritis dalam proses pembentukan Perda ini sehingga kapabilitas dan kualitasnya telah sesuai dan mampu menghadirkan kepentingan perempuan di dalam Peraturan Daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fa'izah, Hasna Nisa'ulhasnanisaulfaizah@gmail.comI01219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Anieka.nurhayati@uinsby.ac.id196909071994032001
Subjects: Pemerintahan Legislatif > Dewan Perwakilan Rakyat
Kebijakan Publik
Pemerintahan Legislatif
Wanita
Keywords: Perempuan di parlemen; peran perempuan; DPRD; pembentukan peraturan; pelindungan pekerja migran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Hasna Nisa'ul Fa'izah
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:52
Last Modified: 03 Apr 2023 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59812

Actions (login required)

View Item View Item