Analisis Hukum Pidana Islam dan perspektif kriminologi terhadap meningkatnya kasus pencurian buah kelapa sawit: studi kasus di Polres Musi Banyuasin Sumatera Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujadi, Sahal (2023) Analisis Hukum Pidana Islam dan perspektif kriminologi terhadap meningkatnya kasus pencurian buah kelapa sawit: studi kasus di Polres Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sahal Mujadi_C93217108 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: pertama, Meningkatnya kasus pencurian buah kelapa sawit di Kabupaten Musi Banyuasin pada kurun waktu 2019-2021 menurut tinjauan dengan menggunakan teori asosiasi difrerensial adalah suatu bentuk tindakan yang menyimpang yang dipelajari bukan merupakan bentuk kejahatan yang berasal dari dalam dirinya sendiri, baik itu dari pergaulan sehingga invididu tersebut menerima pola perilaku yang salah daripada menerima pola pikir yang benar, penyebab melakukan tindak pencurian adalah faktor ekonomi, pendidikan, dan keimanan. Adapun bentuk penyimpangan tersebut adalah berupa penyimpangan statistical, normalis, absolutis dan reaktifis. Kedua, analisis hukum pidana Islam meningkatnya pencurian buah kelapa sawit bahwasanya faktor keimanan seseorang yang menjadi sebab utama terjadinya sebuah tindakan pencurian tersebut, sesorang dengan keimanan yang lemah serta keserakahan ingin mendapatkan penghasilan yang mudah dan cepat sehingga melakukan tindak pencurian, sehingga ia gagal dalam hal mempertahankan fitrahnya sebagai manusia. Penerapan jari>mah Ta’zi>r juga merupakan merupakan upaya tindakan represif untuk menanggulangi meningkatnya tindak pidana pencurian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujadi, Sahalmoejadisahal@gmail.comC93217108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyikno, Suyiknoyicko.88@gmail.com2005077304
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Kriminologi
Keywords: Hukum Pidana Islam; kriminologi; pencurian; assosiasi differential; faktor kejahatan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Sahal mujadi
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:03
Last Modified: 06 Mar 2023 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59828

Actions (login required)

View Item View Item