Implementasi terapi shalat Tahajud dalam mengatasi gangguan bipolar di Pondok Pesantren Shibghotallah Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Aprilia Nur (2023) Implementasi terapi shalat Tahajud dalam mengatasi gangguan bipolar di Pondok Pesantren Shibghotallah Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Nur Fatmawati_B93219103 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini tentang bagaimana proses dan hasil terapi shalat tahajud dalam mengatasi gangguan bipolar yang dialami oleh konseli di Pondok Pesantren Shibghotallah Jombang. Gangguan bipolar yaitu gangguan otak yang menyebabkan perubahan suasana hati, energi, tingkat aktivitas yang tidak biasa pada seseorang. Penanganan dalam penyembuhan gangguan ini dapat dilakukan dengan aplikasi terapi shalat tahajud agar konseli mendapatkan ketenangan dan dapat menghilangkan stress dan pikiran negatifnya yang menimbulkan gangguan bipolar. Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah seorang yang memiliki gangguan bipolar dan juga terapis. Data diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara, juga dokumentasi. Setelah data terkumpul peneliti melakukan analisis data untuk mengetahui proses dan hasil terapi shalat tahajud dalam mengatasi gangguan bipolar. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa gangguan bipolar yang dialami konseli mengalami penurunan intensitas kekambuhan dan konseli dapat mengendalikan kecemasan, kegelisan, juga pikiran negatifnya. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan dan perubahan pada kondisi konseli setelah dilakukannya terapi shalat tahajud yang diberikan oleh terapis di Pondok Pesantren Shibghotallah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Aprilia Nuraprilliyafatma26@gmail.comB93219103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah NoerUNSPECIFIED2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Shalat Tahajud; gangguan bipolar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aprilia Nur Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:39
Last Modified: 28 Mar 2023 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59830

Actions (login required)

View Item View Item